11 Sukhoi SU-35 Segera Bergabung

11 Sukhoi SU-35 Segera Bergabung

Alat utama sistem persenjataan (alutsista) bagi jajaran TNI AU kini bakal bertambah dengan adanya pengadaan peswawat tempur Sukhoi jenis tipe SU-35. Pemerintah diperkirakan bakal mendatangkan pesawat buatan itu pada Tahun 2019.

Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal berharap pesawat tempur Sukhoi SU-35 yang dipesan pemerintah RI ke Rusia bakal tiba di Lanud Iswahjudi Magetan, Jawa Timur tahun 2019.

Untuk jumlah pesawatnya, diperkirakan sekitar 11 unit yang akan ditempatkan pada skadron udara 14 Lanud Iswahyudi.

Ia menjelaskan, skadron udara 14 selama beberapa tahun terakhir tidak mengoperasikan pesawat tempurnya. Hal itu karena pesawat F-5 Tiger yang sebelumnya dioperasikan sudah dinyatakan grounded atau tidak layak terbang.

Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan kemudian melakukan kontrak pembelian pesawat Sukhoi SU-35 untuk pengganti pesawat F-5 Tiger guna mengisi skadron udara 14.

Saat ini, dua skadron lain di Laund Iswahyudi masih beroperasi yakni skadron udara 13 yang kini mengoperasikan pesawat F-16 dan skadron udara 15 mengoperasikan pesawat T-50i Golden Eagle.

Marsma Samsul Rizal menjelaskan, kedatangan Sukhoi SU 35 tidak tidak mungkin terealisasi tahun ini. “Semua masih dalam proses. Diharapkan tahun depan sudah mulai ada pesawat Sukhoi yang datang,” jelas maresekal bintang satu tersebut melalui rilisnya, Rabu (4/4). (jnr)

Bagikan artikel ini