164 Orang Terima Anugerah PAUD

164 Orang Terima Anugerah PAUD

Sebanyak 164 orang menerima penghargaan Anugerah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Nasional Tahun 2017. Penghargaan tersebut diberikan langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo, bertepatan dengan Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 20 November 2017.

Pemberian penghargaan Anugerah PAUD Tingkat Nasional tahun 2017 mengangkat tema “PAUD Berkualitas Universal Kunci Keberhasilan Masa Depan”.

Penerima Anugerah PAUD Tingkat Nasional Tahun 2017 berjumlah 164 orang yang terbagi menjadi tujuh kategori. Bupati/Walikota, Kepala Dinas Pendidikan, Camat dan Kepala Desa, (25 orang). Bunda PAUD Kabupaten/Kota/Camat/Desa (55 orang). Tokoh/Sosok Peduli PAUD (6 orang). Lembaga/Organisasi Mitra PAUD (10 orang). Pusat Kegiatan Gugus PAUD dan Gugus PAUD (8 orang).

Serta Pemenang Festival dan Kreativitas PAUD (15 orang). Dan Pemenang Lomba E-Book PAUD, Edu Game PAUD, dan Lomba Cerita PAUD (45 orang).

Pemberian Anugerah PAUD Tingkat Nasonal Tahun 2017 diberikan secara simbolis oleh Ibu Negara kepada delapan orang dari kategori yang berbeda. Dalam sambutannya, Ibu Negara mengatakan, anak usia dini merupakan calon penerus generasi bangsa.

“Sehingga perlu diperhatikan secara total kebutuhan tumbuh kembangnya untuk menjadi sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia untuk anak Indonesia,” tuturnya dalam acara pemberian Anugerah PAUD Tingkat Nasional tahun 2017 di Kota Tangerang, Banten.

Pada kesempatan tersebut Ibu Negara didampingi Ibu Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla, dan sejumlah istri menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE).

Para penerima Anugerah PAUD yang menerima piagam penghargaan langsung dari Ibu Negara antara lain Erni Guntarto Tjahjo Kumolo, Ketua Umum OASE; Hj Sisilita Arsyadjuliandi, Bunda PAUD Provinisi RIAU; Deni Wardani, Gugus PAUD Ahmad Yani, Jakarta Timur; Rizki Ameron, pemenang Lomba Edu Game; dan Sri Mulyani, Pemenang Lomba Festival Kreativitas.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam laporannya mengatakan, pendidikan anak usia dini telah mendapat perhatian dari pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah.

Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk PAUD sebesar Rp 3,5 triliun pada tahun 2017. “Setiap anak mendapatkan Rp 600.000,” ujarnya. Ia menuturkan, untuk tahun 2018, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan meningkatkan anggaran BOP PAUD menjadi Rp 4 triliun.

“Dengan demikian maka kita berharap semua pemangku kepentingan mulai dari guru PAUD, lembaga pengelola PAUD, dan khususnya para kepala daerah, saya mohon untuk ikut meningkatkan kepeduliannya dalam rangka merawat dan mengembangkan putra-putri kita yang akan menjadi penerus masa depan bangsa ini,” kata Mendikbud.

Tujuan diselenggarakannya pemberian penghargaan ini adlaah untuk memberikan penghargaan kepada pejabat struktural daerah, Bunda PAUD, tokoh masyarakat peduli PAUD, Pusat Kegiatan Gugus PAUD, lembaga/organisasi mitra, dan masyarakat umum pemenang lomba, yang telah memberikan kontribusi terhadap peningkatan akses dan layanan PAUD berkualitas. (sak)

Bagikan artikel ini