30 Juni Puncak Yadnya Kasada 2018

30 Juni Puncak Yadnya Kasada 2018

Perayaan Yadnya Kasada tahun ini jatuh pada Sabtu (30/6) mendatang. Itu, sesuai dengan kalender masyarakat Hindu Suku Tengger.

Untuk tahun ini, Yadnya Kasada dipastikan bakal diwarnai prosesi pelantikan Dukun Tengger. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo Bambang S.

Menurut Bambang, pihaknya telah lama membuka pendaftaran calon dukun. “Tahun ini ada pelantikan dukun. Yang daftar masih satu orang,” ujarnya saat dikonfirmasi Jawapos.com, Jumat (8/6).

Bambang mengatakan, sejatinya pembukaan pendaftaran dukun telah dibuka sejak penetapan perayaan Yadnya Kasada. Namun, meskipun sejak lama sudah dibuka, masih sedikit yang mendaftar.

Hal itu bukan berarti tidak ada peminat untuk mendaftar. Namun, disebutkan Bambang, lebih dikarenakan dukun di daerahnya masih ada. Sehingga, tidak membutuhkan pengganti.

“Kalau satu itu, ya pasti di daerahnya tidak ada dukun yang akan diganti. Jadi, tidak memerlukan pendaftaran. Itu seperti tahun lalu, kan setiap desa masih memiliki dukun. Jadi, tidak ada pelantikan dukun pada Kasada tahun lalu,” tandasnya.

Lebih lanjut, untuk menjadi dukun salah satunya harus hafal terhadap sejumlah mantra. Itu, nanti akan diuji saat pelaksanaan Yadnya Kasada.

Jika calon dukun itu hafal melafalkan mantra secara fasih, maka akan diangkat menjadi dukun di daerahnya. “Untuk dukun itu ada ujiannya. Ujiannya salah satunya yaitu menghafal mantra pada saat pelaksanaan Kasada nanti,” terangnya.

Khusus calon dukun pandita juga harus memenuhi sejumlah kriteria. Di antaranya, harus lulus ujian dukun atau mulunen, punya guru nabe, mengusai mantra, serta beragama Hindu.

Sedangkan untuk syarat administrasi, yakni sehat jasmani, rohani, tidak sedang dicabut haknya. Serta tidak sedang berurusan dengan hukum. “Usia minimal 25 tahun dan yang terakhir tidak melakukan mo limo (perbuatan yang dilarang),” jelasnya. (jp/ foto ist)

Rangkaian Ritual Yadna Kasada 2018:
– 24 Juni – Nancep Karya
– 25 Juni – Semeninga Medhak Tirta (Goa Widodaren, Ranu Pani, Watu Klosot, Air Terjun Madakaripura)
– 26 Juni – Pemasangan Penjor dan Umbul-Umbul Upoacara – Ngaturi Suguhan di 25 Punden Utama Tengger
– 28 Juni – Pembejian (Melasti)
– 29 Juni – Piodalan / Pawedalan Pura Leluhur Poten Bromo – Resepsi Yadna Kasada di Pendopo Agung Desa Ngadisari Kec Sukapura Kab Probolinggo dan Pendopo Agung Desa Wonokitri Kec Tosari Kab Pasuruan
– 30 Juni – (Pukul 01.00 WIB ) Pemberangkatan Sesaji dan Ongkek dari 4 Pintu Masuk Laut Pasir Tengger yaitu Cemara Lawang (Prob), Pakis Bincil (Pas), Jemplang (Mlg) dan Puncak Sangalikur / Jantur (Lmj)
– 30 Juni – (Pukul 03.00 WIB) :
a. Puncak Karya Yadna Kasada di Utama Mandala Pura Luhur Poten Bromo
b. Puja Stuti Dukun Pandita Tengger
c. Pembacaan Sejarah oleh Lurah Dukun
d. Mulunen / Dhiksa Widhi
e. Mekakat
f. Melarung Sesaji Ongkek ke Kawah Gunung Bromo
g. Sukun Pandhita Tengger Melayani Umat
i. Pujan Kasada

Bagikan artikel ini