90 Pengusaha Arab Saudi Hadiri TEI 2016

90 Pengusaha Arab Saudi Hadiri TEI 2016

Lebih dari 90 pengusaha Arab Saudi telah mendaftar secara online melalui Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Jeddah untuk hadir pada acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 di Jakarta pada 12 – 16 Oktober 2016 mendatang.

Hal ini disampaikan Konjen RI Jeddah M Hery Saripudin pada acara sosialisasi TEI 2016 di malam keakraban dan gala dinner Indonesia-Arab Saudi pada akhir September lalu di Batavia Restoran, Jeddah, Arab Saudi. “Jumlah yang cukup besar ini merupakan peluang bagus bagi peningkatan volume perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi,” jelas Hery.

Acara yang diadakan Kelompok Kerja (Pokja) Diplomasi Ekonomi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah ini dihadiri pengusaha Arab Saudi yang akan berpartisipasi dalam TEI 2016. Pokja Diplomasi Ekonomi KJRI Jeddah terdiri dari Fungsi Ekonomi, ITPC, Atase Imigrasi dan Fungsi Pensosbud.

Selain sosialisasi TEI 2016, acara tersebut juga digunakan sebagai ajang promosi masakan Indonesia kepada pengusaha Arab Saudi agar mengenal lebih mendalam kuliner Indonesia.

Berbagai sajian khas Indonesia dihidangkan seperti tahu-tempe, sate, ikan balado dari Sulawesi Utara, oseng kangkung, ayam panggang, udang, dan juga aneka minuman khas Indonesia.

KJRI Jeddah akan memberikan kemudahan bagi pengusaha Arab Saudi yang menjadi mitra ITPC Jeddah dalam kunjungan bisnis ke Indonesia, terutama untuk kegiatan TEI 2016.

“Atase Imigrasi KJRI Jeddah berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik pada pengusaha Arab Saudi dalam pengurusan visa kunjungan bisnis ke Indonesia, khususnya kegiatan perdagangan, pariwisata, dan investasi di Indonesia,” ungkap Atase Imigrasi KJRI Jeddah, Ismoyo.

Salah satu pengusaha dari Al Gammah Est berkebangsaan Yaman yang sudah mengurus visa di Imigrasi KJRI Jeddah menyatakan suasana imigrasi KJRI Jeddah saat ini sangat menyenangkan, petugasnya ramah, tertib, dan tepat waktu.

Suasana kantor pelayanan yang dirancang dengan berbagai ornamen begitu kental dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang hangat dan menyenangkan.

Al Gammah Est merupakan importir Arab Saudi yang mendatangkan secara khusus makanan dan minuman Indonesia seperti kopi santos, gula merah, aneka makanan dan minuman dari kelapa (natadecoco), berbagai makanan dan minuman kaleng dengan nilai transaksi lebih dari 2,5 juta USD per tahun, sekitar Rp 33,75 miliar.

Kepala ITPC Jeddah Gunawan secara khusus menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan Atase Imigrasi untuk menyukseskan TEI 2016. “Kami menyampaikan apresisiasi dan rasa kasih terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan Atase Imigrasi yang turut mendorong penuh acara Trade Expo Indonesia 2016,” ujar Gunawan.

Khususnya dalam memberikan pelayanan kemudahan dalam pengurusan visa kunjungan ke Indonesia bagi pengusaha Arab Saudi yang berkewarganegaraan non-Arab Saudi seperti Yaman, Syria, Eritria, Pakistan, Sudan, pungkasnya. (sak)

Bagikan artikel ini