Aceh Target Sejuta Wisatawan Kunjungi Sabang

Aceh Target Sejuta Wisatawan Kunjungi Sabang

Berkali-kali disebut namanya, Sabang, sebuah kota yang terletak di Pulau Weh, Aceh, jelas mencuri perhatian banyak traveler. Bersamaan dengan tumbuhnya infrastruktur dan jasa transportasi, diantaranya dukungan penerbangan langsung Medan-Sabang dan maraknya kunjungan kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan ke Sabang, industri wisata di kota ini terus meningkat.

Sejak 2013, jumlah kunjungan wisata ke Sabang memang naik signifikan. Dari 212 ribu kunjungan di tahun 2012, tahun 2013 meningkat jadi 400 ribu lebih. Tahun berikutnya, jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang menjadi 500 ribu pada tahun 2014 dan 700 ribu pada tahun 2015.

Berbekal data ini, tak berlebihan jika dalam sebuah kesempatan, Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, tahun 2017 nanti, ditargetkan satu juta wisatawan berkunjung ke Sabang.

Tekad ini tentu bukan tanpa alasan. Karena bicara aset wisata, Kota Sabang memang menjanjikan banyak hal. Diantaranya snorkeling dan diving di Iboih dan berkunjung ke Tugu Kilometer Nol, yaitu penanda sisi paling barat wilayah Indonesia.

Selain itu, kita juga bisa berkunjung ke Pantai Gapang, pantai berpasir putih. Lalu Pantai Anoi Itam, hingga berpetualang di Pulau Rubiah. (dwj/foto: dok kemenbudpar)

Bagikan artikel ini