Aktivasi Ekosistem Seni di Bandung

Aktivasi Ekosistem Seni di Bandung

Bertempat di Dome Sasikirana KoreoLab & Dance Camp yang merupakan hasil dari Bantuan Pemerintah Bekraf Revitalisasi Ruang Kreatif tahun 2017 lalu, Bekraf bekerjasama dengan para pelaku kreatif Subsektor Seni Pertunjukan di Bandung Raya membuat aktivasi ekosistem Seni Pertunjukan di Bandung Raya.

Kegiatan ini merupakan sebuah tindak lanjut dari program Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia di Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi pada 21 – 23 Mei 2018 lalu.

Dari keempat daerah di Bandung Raya, 2 daerah (Kab. Bandung dan Kab.Bandung Barat) memilih Subsektor Seni Pertunjukan sebagai subsektor unggulannya, sedangkan Kota Bandung memilih Fesyen dan Kota Cimahi memilih Animasi & Games.

Acara ini dibuka langsung oleh Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa Sungkari. Para pelaku kreatif yang terlibat, antara lain: Jawara Entertainment Indonesia (JEI Angklung) dari Kab. Bandung Barat, Lele Jemping Sabilulungan dari Kab. Rancaekek, dan Ensemble Tikoro dari Bandung.

Setelah dibuka oleh beberapa penampil, acara dilanjutkan dengan dialog singkat dengan para narasumber yang bergerak dibidang Seni Pertunjukan, antara lain: Herry Dim, Melanie Martini, FX Widaryanto dengan moderator Andar Manik.

Dihadiri juga oleh Plt Bupati Bandung Barat, Dadang Maksum, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar dan dari Kepala Bidang Ekraf Disbudpar Bandung, Tris Avianti.

Program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) merupakan salah satu program unggulan dari Deputi Infrastruktur Bekraf yang bertujuan untuk membangun

“Sistem Ekonomi Kreatif Indonesia” guna memetakan potensi dan tantangan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi kreatif di daerah. Info lebih lanjut mengenai program ini, bisa dilihat pada tautan www.kotakreatif.id.

Berikutnya Bekraf akan menggelar aktivasi Solo Raya pada awal Oktober 2018 bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta dan Institut Seni Indonesia Surakarta. (sak)

Bagikan artikel ini