Anakbertanya.com Lahir Karena Kegundahan

Anakbertanya.com Lahir Karena Kegundahan

Berawal ide sederhana untuk menampung keingintahuan anak-anak akan berbagai hal, Guru Besar Matematika ITB Prof Hendra Gunawan membuat situs anakbertanya.com. Anak bebas bertanya tentang apa saja kemudian pertanyaan tersebut akan dijawab langsung para pakar di bidangnya.

Tujuannya tidak berhenti semata di aksi menjawab. Lebih dari itu, agar anak-anak dapat terbuka terhadap dunia keilmuan dan keprofesian yang dipelajari di sekolah dengan mendapatkan jawaban dari pakar dan mengenal para pakar.

“Anak akan terpikirkan ‘aku mau jadi apa’ dan lebih jauhnya, anak akan mantap dalam menentukan cita-cita,” ujar Hendra di Bandung, Selasa (31/5) melalui Humas ITB.

Kurikulum 2013 yang didengungkan sebagai pengawal generasi emas menjadi alasan utama gerakan Hendra. Menurutnya ada yang hilang dari tatanan Kurikulum 2013 untuk disebut sebagai penuntun anak-anak.

“Yang dibekalkan pada merekalah yang menjadi kegundahan saya,” ujar Hendra. Menurutnya, Kurikulum 2013 kurang dalam konten keilmuan yang semestinya. “Kontennya terlalu banyak dikaitkan dengan hal-hal lain yang tidak ada koneksinya,” jelasnya.

Hendra akhirnya mencari celah untuk memberikan dampak pada pendidikan anak melalui sesuatu yang dapat ia kontrol sendiri. Pada 2013 lahirlah situs web anakbertanya.com yang ternyata menuai dukungan besar dari berbagai pihak. Hasil dari berbagai pertanyaan anak telah dibukukan berjudul ‘Anak Bertanya, Pakar Menjawab’ tahun 2013 lalu.

Hendra juga turut memprovokasi mahasiswanya agar memiliki perhatian tinggi terhadap pendidikan. Dosen yang masih aktif mengajar tersebut turut berpesan pada para mahasiswa agar melihat fenomena ini sebagai hal penting. Tak heran, jika banyak mahasiswa ITB yang juga turut mengambil peran dalam kelangsungan anakbertanya.com. (sak)

Bagikan artikel ini