Bank Jatim Raup Laba Bersih Rp 836,58 Miliar

Bank Jatim Raup Laba Bersih Rp 836,58 Miliar

Bank Jatim mencatat pertumbuhan laba bersih 20,11 persen (YoY) atau Rp 836,58 miliar pada kuartal III 2016. Kinerja keuangan Bank Jatim ini menunjukkan performa dan pertumbuhan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama Bank Jatim R Soeroso mengatakan, meskipun keadaan ekonomi secara global menurun Bank Jatim masih mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar Rp 29,62 triliun atau naik 1,33 persen (YoY). Selain itu, pendapatan bunga bersih juga mengalami pertumbuhan sebesar Rp 2,54 triliun, naik 6,86 persen (YoY).

“Untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) masih didominasi dana murah yaitu Tabungan dengan pertumbuhan sebesar Rp 12,24 triliun atau naik 19,56 persen (YoY),” ujar Soeroso di Jakarta, Kamis (13/10).

Soeroso menambahkan, dengan kenaikan dana murah tersebut, CASA rasio Bank Jatim tetap terjaga sebesar 70,36 persen. Sebelumnya, selama lebih dari 13 tahun, CASA rasio Bank Jatim berada di atas 65 persen. Hal ini membuktikan bahwa keefektifan Bank Jatim dalam mengelola dana murahnya.

Sementara itu, rasio keuangan Bank Jatim pada September 2016 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 20,14 persen, Nett Interest Margin (NIM) sebesar 6,70 persen, Return on Asset (ROA) 3,09 persen, Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) 71,15 persen, serta Loan to Deposit Ratio (LDR) 71,97 persen.

Soeroso mengatakan, perkembangan produk teknologi informasi Bank Jatim juga semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan diluncurkannya layanan Mobile Banking. “Layanan Mobile Banking ini melengkapi produk teknologi informasi yang sebelumnya sudah ada yakni SMS Banking dan Mobile Banking,” kata Soeroso.

Nonton Bareng
Sukses melaunching Mobile Banking awal September 2016 lalu di Hotel ShangriLa, Direksi Bank Jatim memanjakan nasbahnya dengan cara mengajak nonton bareng film Deepwater Horizon di Sinema XXI Sutos, Sabtu (15/10) pagi.

Sukses yang diraih Bank Jatim Mobil Banking dibuktikan dengan data jumlah pengguna fasilitas yang bisa diakses melalui smartphone, baik android maupun iOS itu dengan jumlah transaksi sebanyak 14.132 dan dipergunakan 4.158 nasabah. Data itu diakumulasikan sampai September 2016 lalu.

Selain nasabah umum, baik baru maupun lama, Bank Jatim juga mengajak serta para awak media, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya serta dosen dan OJK menikmati tontonan nonton film yang dibintangi Mark Wahlberg, Gina Rodrigues, Kurt Russell, John Malkovich dan Dylan O’Brien sebagai pekerja anjungan pengeboran minyak di Teluk Meksiko itu.

Soeroso menyampaikan syukur dan rasa terima kasihnya pada nasabah yang sudah mengakses layanan mobile banking yang lebih banyak fitur dibandingkan sms banking yang lebih dulu dilaunching.

“Sekali terima kasih pada para nasabah yang sudah mempercayakan pada layanan kami,” kata Soeroso didampingi sejumlah direksi sebelum film yang dirilis pertama kalinya 13 September di Festival Film Internasional Toronto tersebut diputar.

Hingga September, jumlah jaringan Bank Jatim mencapai 1.453 titik layanan. Terdiri dari 1 kantor pusat, 46 kantor cabang, 167 cabang pembantu, 185 kantor kas, 97 kantor layanan syariah, 175 payment poin, 79 kas mobil, 6 mobil ATM, 695 ATM dan 2 CDM. (sak)

Bagikan artikel ini