Beasiswa Ratusan Juta dari Petrokimia

Beasiswa Ratusan Juta dari Petrokimia

Dalam acara memperingati hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10) lalu PT Petrokimia Gresik (PG) salurkan dana beasiswa hingga ratusan juta rupiah untuk mahasiswa Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dana Rp 417 juta ini diserahkan secara simbolis oleh Nugroho Christijanto, Direktur utama PG di Gedung Robotika ITS.

Wahyudi, Sekretaris Perusahan PG menjelaskan, terdapat sebanyak 17 mahasiswa ITS yang mendapat bantuan program Beasiswa Petrokimia (Bestro). Ia mengatakan, bahwa setiap tahunnya, perusahaan pupuk terbesar di Indonesia ini beri beasiswa penuh bagi mahasiswa asal Kabupaten Gresik di ITS.

Selain mendapatkan bantuan biaya pendidikan, penerima bestro juga mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp 1,75 juta per bulannya. Total nilai yang diberikan terus meningkat tiap tahunnya. Tahun 2012 lalu mencapai Rp 96 juta, kemudian 2013 bertambah Rp 106 juta, tahun 2014 Rp 208 juta.

“Hingga tahun ini Rp 417 juta. Apabila dijumlah dari tahun ketahun, total dana yang dikucurkan PG kepada mahasiswa di ITS mencapai Rp 1,5 miliar,” tutur Wahyudi.

Dirinya menaruh harap agar penerima Bestro ini lebih semangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar. Ia ingin agar penerima mampu meraih cita-cita sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga masing-masing. Memang, program Bestro ini dikhususkan bagi mahasiswa kurang mampu tetapi memiliki prestasi gemilang selama menjadi pelajar di Gresik.

Pria ini mengklaim bahwa perusahaan ini akan terus konsisten untuk memberi bantuan, khususnya bagi daerah Gresik. “PG memiliki komitmen dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satu wujudnya adalah bantuan biaya pendidikan ini,” ujarnya.

“Kami menyadari bantuan pendidikan ini belum menjangkau seluruh masyarakat, namun keberadaanya diharapkan dapat memberikan semangat dan berkontribusi positif kepada masyarakat,” terangnya.

Ia berharap, seiring dengan perkembangan perusahaan, maka masyarakat di sekitar perusahaan pun harus turut maju. Pria ini mengklaim bahwa, PG ingin keberadaan perusahaan tidak hanya bermanfaat bagi pemegang saham, karyawan ataupun pelanggan, tapi juga bagi masyarakat sekitar perusahaan. (ist)

Bagikan artikel ini