Dukungan Bekraf di London Fashion Week

Dukungan Bekraf di London Fashion Week

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung pelaku ekonomi kreatif di subsektor fashion, SOE Jakarta, untuk menggelar fashion show tunggal di perhelatan fashion bergengsi di dunia, Fashion Scout at London Fashion Week 2018 pada 16-20 Februari 2018.

SOE Jakarta adalah sebuah label desain yang lahir dari kecintaan sang desainer, Monique Soeriaatmadja terhadap tekstil tenun dan gaya klasik dari kain tradisional Indonesia.

Produk fashion SOE Jakarta terkenal oleh tekstil yang dibuat oleh alat tenun yang dioperasikan tangan (handwoven).

Di London Fashion Week 2018, SOE Jakarta berkolaborasi dengan Lakmé Cosmetics, sebuah trendsetting makeup brand asal India yang menjadi pilhan makeup artist internasional.

Dukungan Bekraf melalui Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah kepada SOE Jakarta diberikan melalui program Bekraf Satu Pintu.

Bekraf Satu Pintu merupakan bentuk pembinaan dan pemberian dukungan kepada semua pemangku kepentingan ekonomi kreatif di 16 subsektor, salah satunya adalah fashion.

Melalui Bekraf Satu Pintu yang dapat diakses melalui tautan satupintu.bekraf.go.id, para pelaku ekonomi kreatif bisa mendapatkan dukungan dari Bekraf berupa bantuan operasional, sarana dan prasarana, pemberian penghargaan, bantuan rehabilitasi/pembangunan gedung/bangunan, dan lainnya.

Dukungan yang diberikan Bekraf kepada SOE Jakarta berupa pemberian travel grant. Hal ini merupakan salah satu upaya Bekraf untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif karya anak bangsa ke dunia internasional agar pasar luar negeri di bidang fashion lebih berkembang dan dapat membantu meningkatkan nilai ekspor.

Sebelum berangkat ke London, SOE Jakarta dan Lakmé Cosmetics menyelenggarakan press conference yang dihadiri oleh Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Bekraf, Endah Wahyu Sulistianti.

“Saya sangat berharap Monique Soeriaatmadja dengan SOE Jakarta dapat menggetarkan panggung catwalk di London Fashion Week 2018 dan membuka mata dunia bahwa Indonesia hadir di sana,” ujar Endah.

Selain Bekraf, acara ini juga mendapat dukungan dari British Council yang diwakili oleh Camelia Harahap selaku Senior Program Manager (Showcasing), serta dihadiri oleh Adina Tontey selaku General Manager Lakmé Indonesia dan sang desainer SOE Jakarta, Monique Soeriaatmadja.

Kehadiran SOE Jakarta dalam Fashion Scout at London Fashion Week 2018 merupakan bentuk kerja sama bilateral yang erat antara Indonesia dan Inggris di bidang ekonomi kreatif.

Kerja sama telah dijalani oleh kedua negara dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) saat kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Inggris pada tahun 2016. (sak)

Bagikan artikel ini