Bekraf Dukung Pelaksanaan AG 2018

Bekraf Dukung Pelaksanaan AG 2018

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyampaikan sejak awal pembahasan Asian Games Bekraf selalu terlibat, yakni sejak akhir 2015. Dukungan dari badan yang terbentuk pada 2015 diantaranya adalah penentuan logo Asian Games 2018 yang terinspirasi dari view from above Gelora Bung Karno (GBK). Tempat pelaksanaan Asian Games tahun 1962.

Triawan mengatakan Bekraf membentuk tim ahli untuk menjadi juri pemilihan desain logo dengan membuka sayembara yang diikuti 11 pelaku desain grafis profesional. Dari 11 karya tersebut dipilih tiga terbaik untuk diajukan kepada Presiden Joko Widodo dan terpilihlah logo yang saat ini digunakan.

“Selain itu, Bekraf juga membuat maskot Asian Games 2018, yakni Bhin-Bhin (burung cendrawasih), Atung (rusa bawean), dan Kaka (badak bercula satu) yang merupakan fauna-fauna asli Indonesia yang masing-masing merepresentasikan strategi, kecepatan, dan kekuatan,” ujar Triawan saat acara Bincang Bareng Bekraf di Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), awal pekan ini.

Bekraf juga membantu dalam hal pemilihan konsultan asing serta estetika saat opening ceremony (acara pembukaan) dan closing ceremony (acara penutupan). Selain itu, dalam hal kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Bekraf akan membantu mengkurasi sektor ekonomi kreatif yang produknya akan ditampilkan atau dijual selama pelaksanaan Asian Games 2018 di Kota Tua sebagai pusat penjualan souvenir.

Dia berharap pelaksanaan Asian Games tahun ini bisa seperti Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan. Dimana seluruh pelaku usaha dan industri terlibat aktif dengan memberikan hadiah kepada wisatawan yang datang souvenir resmi pesta olahraga ke-23 tersebut. Hal ini supaya event akbar ini bisa lebih meriah yang juga berdampak dalam perekonomian nasional. (sak)

Bagikan artikel ini