Bekraf Latih Keterampilan IRT di Jayapura
KOMUNITAS PERISTIWA

Bekraf Latih Keterampilan IRT di Jayapura

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyelenggarakan kegiatan Coding Mum Kota Jayapura. Kota ini merupakan lokasi terakhir diselenggarakannya rangkaian Coding Mum dalam negeri tahun ini.

Ide Coding Mum berangkat dari pemahaman yang baik akan sosial budaya Indonesia dan menggabungkannya dengan potensi ekonomi melalui pemanfaatan informasi dan teknologi.

“Coding Mum menyahuti era e-commerce dengan membantu ibu rumah tangga untuk mengenal dan mengerti konsep pemrograman awal terutama untuk web aplikasi,” ungkap BPP Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan BEKRAF, Nurullah Jaya Kusuma saat penutupan acara Coding Mum Jayapura berlangsung (15/8).

Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama BEKRAF dengan PT Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space) telah sukses diselenggarakan sejak dua tahun lalu.

Dan berhasil meluluskan lebih dari 400 peserta pelatihan coding baik dari peserta ibu rumah tangga, buruh migran di luar negeri, maupun penyandang disabilitas.

Kota Jayapura dipilih sebagai salah satu tempat diselenggarakannya Coding Mum tahun ini karena jumlah perempuan yang bekerja masih tergolong rendah, angka kemiskinan juga cukup mengkhawatirkan.

Menurut data BPS, di Kota Jayapura, jumlah perempuan pekerja hanya setengah dari jumlah laki-laki pekerja. Salah satu hal yang menyebabkan lebih sedikitnya jumlah pekerja perempuan adalah masih banyaknya perempuan yang belum memiliki keterampilan khusus atau memadai.

Oleh karena itu, BEKRAF hadir sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Jayapura dengan menghadirkan program yang bertujuan memberikan ketrampilan di bidang digital khususnya dalam pembuatan front end website.

Melalui program ini BEKRAF menetapkan sasaran strategisnya yakni menyerap tenaga kerja sektor ekonomi kreatif sehingga mampu mencapai target tujuh belas juta orang pelaku ekonomi kreatif di tahun 2019 mendatang dan otomatis mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Nur menambahkan, dengan adanya pelatihan coding ini diharapkan bisa menggali potensi ibu rumah tangga yang tertarik untuk memanfaatkan teknologi dan informasi sehingga bisa memperoleh penghasilan tambahan walaupun tetap berada di rumah dan dekat dengan keluarga.

Berbeda dengan kegiatan pembelajaran coding pada umumnya, penyampaian materi dalam kegiatan Coding Mum disajikan secara menarik dengan menggunakan kosakata yang lebih sederhana dan beberapa perumpamaan yang dekat ­dengan kehidupan sehari-hari.

Sehingga peserta yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga bisa lebih mudah mencerna setiap penjelasan dan arahan dari pembimbing.

Di akhir pelatihan, BEKRAF memberikan sertifikat kelulusan pada ibu rumah tangga peserta Coding Mum yang telah berhasil mengaplikasikan kemampuan coding secara mandiri.

Peserta Coding Mum yang telah lulus dan tersertifikasi bisa memanfaatkan kemampuan yang diperoleh untuk mengembangkan kegiatan bisnis di sektor ekonomi misalnya bidang kuliner, fesyen, kriya dan lainnya. Selain itu, mereka juga bisa mengisi kekurangan tenaga kerja programmer di sektor ekonomi khususnya sektor ekonomi kreatif.

Berakhirnya Coding Mum Kota Jayapura, menandakan berakhirnya rangkaian kegiatan Coding Mum di dalam negeri tahun ini. Sebelumnya kegiatan Coding Mum 2018 juga diselenggarakan di beberapa kota lain di Indonesia.

Selanjutnya, BEKRAF dan Kolla Space akan menyelenggarakan Coding Mum luar negeri di beberapa negara antara lain, Kuala Lumpur, Singapore, Bandar Sri Begawan, Hongkong, Shanghai dan Seoul. (sak)