BI Kembangkan Kopi Banjarnegara

BI Kembangkan Kopi Banjarnegara

Komoditas kopi yang kini sedang naik daun sebagai primadona baru para petani di Kabupaten Banjarnegara, mendapat perhatian dari Bank Indonesia untuk dikembangkan.

Pada tahap awal, Bank Indonesia telah melakukan sosialisasi, pemberian bantuan bibit kopi sebanyak 12.000 pohon dan alat produksi untuk pengolahan paska panen di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Kami berkomitmen untuk mengembangkan kopi di Kabupaten Banjarnegara karena potensinya yang besar dan makin dikenal. Tujuanya yakni sebagai upaya konservasi karena Banjarnegara daerah rawan longsor dan selanjutnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani,” ujar Kepala Perwakilan BI Purwokerto, Agus Chusaini, saat membuka pertemuan dan koordinasi dengan anggota gabungan kelompok tani Sido Makmur di Desa Babadan.

Hadir dalam pertemuan itu juga perwakilan dari Baperlitbang, Dinas Pertanian serta Disperindagkop dan UMKM Banjarnegara. Juga para petugas penyuluh pertanian di Kecamatan Pagentan dan Pejawaran.

“Program ini kami targetkan dalam waktu tiga tahun para petani sudah bisa mandiri. Kami lakukan pula pendampingan dari mulai pembibitan, penanaman, panen dan pengolahan paska panen sampai dengan pemasaran produknya,” imbuhnya.

Untuk tahap awal Desa Babadan Kecamatan Pagentan dijadikan sebagai percontohan atau pilot project. Sejauh ini sudah berjalan bagus. Sebanyak 12.000 bibit sudah diserahkan kepada petani di BI sebagai bantuan bibit kopi berkualitas.

Ada juga bantuan alat produksi seperti mesin pengupas kopi dan lainnya. Setelah Idul Fitri peralatan produksi juga akan ditambah lagi untuk melengkapi yang sudah ada. Selain itu ada juga tempat untuk penjemuran atau rumah jemur.

Ketua Gapoltan Sido Makmur, Turno, menyampaikan apresiasi atas perhatian dari berbagai pihak terhadap petani kopi di Babadan. Dahulu para petani hanya bisa menjual biji kopi mentah, namun berkat bantuan dan pendampingan dari berbagai pihak termasuk BI, kini sudah bisa mengolah kopi berdasarkan pesanan. (ist)

Bagikan artikel ini