BNI dan 100 Smart City Tahap II 2018

BNI dan 100 Smart City Tahap II 2018

Setelah sukses mewujudkan layanan perbankan berbasis digital di hampir seluruh daerah Kota/Kabupaten di Indonesia, kini Bank BNI mendapatkan kepercayaan Kemenkominfo menjadi satu-satunya perbankan yang dijadikan mitra kerja dalam mendukung Program Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap II tahun 2018.

Digandengnya BNI dalam program ini disebabkan oleh suksesnya BNI dalam menerapkan dan mengimplementasikan layanan perbankan berbasis digital untuk mendukung pemerintah daerah dalam penerapan konsep Smart City diberbagai daerah.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Program Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap II dilaksanakan di Jakarta, Selasa (8/5) lalu.

MoU antara Kemenkominfo dengan 50 kepala daerah yang terpilih dan lulus seleksi untuk mengikuti program gerakan menuju 100 Smart City Tahap II. Hadir pada kesempatan tersebut Deputy General Manager Divisi Transactional Banking Services BNI Syafruddin.

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, BNI Smart City merupakan salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital atau informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya, dan untuk terlibat lebih efektif dan aktif dengan warganya.

Dengan layanan BNI Smart City ini akan mewujudkan layanan perbankan unggulan berbasis digital dan infrastruktur yang handal serta dukungan berbagai jaringan dan channel, BNI juga berkomitmen untuk memberikan solusi bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kota cerdas atau smart city.

“BNI Smart City yang kami kembangkan memberikan kemudahan bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan transparansi publik melalui sistem elektronik dalam kegiatan pemerintahan,serta memudahkan dalam efisiensi pengelolaan sistem pemerintahan,” ujar Kiryanto.

BNI turut mendukung penerapan smart city pada program Gerakan Menuju 100 Smart City melalui elektronifikasi transaksi keuangan yang dapat memberikan kemudahan bagi pemerintah kota/kabupaten dalam pengelolaan keuangan.

BNI siap mendukung pemerintah kota/kabupaten dengan memberikan kemudahan layanan dan solusi transaksi non tunai (cashless), jaringan dan channel BNI yang luas, serta solusi pengelolaanuntuk belanja dan penerimaan pendapatan daerah.

Solusi yang dapat BNI berikan bagi pemerintah kota/kabupaten antara lain: Solusi Pembayaran/Belanja Daerah (Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit), Solusi Penerimaan (e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi).

Serta BNI Market Place yang membantu pemerintah kota/kabupaten dalam mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online, dan penyediaan uang elektronik (BNI Tapcash & YAP) bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi non tunai atau cashless society.

Dengan berbagai kemudahan yang disiapkan BNI melalui layanan BNI Smart City tersebut sinergi BNI dengan Kominfo dan Pemerintah Daerah akan memberikan banyak faedah bagi semua pihak dan masyarakat untuk bertransaksi dengan cara lebih cerdas. (sak)

Bagikan artikel ini