Bola Warna Percantik Trotoar Surabaya

Bola Warna Percantik Trotoar Surabaya

Pemkot Surabaya terus mempercantik tata ruang kota dengan memasang bola-bola warna-warni di trotoar Jl Blauran. Warnanya yang mencolok dan sedap dipandang mata membuat sebagian orang menyempatkan diri untuk berfoto.

Nabila (18) salah seorang warga Surabaya Pusat yang kebetulan melintas usai berbelanja di pasar Blauran awalnya mengaku bingung dengan kehadiran bola-bola di sekitar trotoar Jalan Blauran. “Sempat bingung tapi akhirnya tahu manfaatnya setelah membaca di media online,” katanya sambil tersenyum, Selasa (13/3).

Ditanya apakah pemasangan bola-bola memiliki manfaat dan membangun kesadaran pengendara motor agar tidak melintas di atas trotoar, Nabila mengaku belum mengerti sepenuhnya.

Tetapi, perempuan asli Surabaya itu berharap agar pengendara mentaati peraturan yang sudah diterapkan pemkot untuk mewujudkan kenyamanan bagi warganya, utamanya pejalan kaki. “Semoga ini bermanfaat bagi pejalan kaki dan tentunya akan semakin banyak anak muda yang akan melakukan foto di sini,” ujar perempuan kelahiran Surabaya ini.

Bola warna-warni berdiameter 50 sentimeter itu terpasang di sepanjang Jalan Blauran hingga Jalan Kranggan. Dengan pemasangan bola warna-warni itu, kawasan trotoar di pusat kota semakin nampak cantik. Ditambah, ruas jalan trotoar sudah dilebarkan dan nyaman bagi pejalan kaki.

Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Chalid Buhari mengatakan, bola warna-warni terbuat dari beton semen, dipasang di sejumlah ruas trotoar, misalnya di sisi timur Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Blauran. Sekitar 30 buah ‘bola dunia’ sudah terpasang.

“Tujuan pemasangan bola warna-warni sebagai pengaman bagi pejalan kaki, mencegah sepeda motor melintas di atas trotoar sekaligus memperindah kawasan trotoar di Surabaya,” ujar Chalid.

Rencananya, kata Chalid, pemasangan bola-bola akan terus dilakukan di setiap trotoar yang ada di surabaya. Bahkan, tidak hanya satu atau dua warna, melainkan akan dicat dengan warna emas dan warna yang lain. “Nanti akan kita cat dan pasang secara bertahap dengan melihat kondisi di lapangan,” ucapnya.

Adapun, pemasangan bola dunia dan bola warna-warni telah terpasang di beberapa titik antara lain, sisi timur Jalan Urip Sumoharjo, kawasan Jl Adiyawarman, Jl Embong Malang dan terbaru kawasan Jl Blauran. “Untuk jumlah perkiraan ada ratusan bola yang telah terpasang,” imbuh Chalid. (ita)

Bagikan artikel ini