Borobudur Marathon 20 November 2016

Borobudur Marathon 20 November 2016

Lewat Borobudur Marathon 2016 tidak hanya akan berwisata keliling Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah namun juga menikmati udara segar khas pedesaan di sekitar kompleks candi.

Kompetisi lari ini akan diselenggarakan 20 November dengan tujuan makin memperkenalkan destinasi ini ke dunia internasional dan mengajak masyarakat gemar berolahraga.

Ada beberapa kategori yang dilombakan pada Borobudur Marathon 2016 yaitu 10K, half marathon, marathon, ultra marathon, ambassador run dan celebrity run.

Kategori-kategori tersebut terbuka untuk atlet elite nasional, atlet elite internasional dan umum. Khusus untuk 10K, kategori ini juga berlaku untuk pelajar.

Pada 10K, half marathon & marathon, akan berkompetisi dengan ribuan pelari nasional dan internasional. Rute berbeda di setiap kategori yang detailnya bisa dilihat terlebih dahulu di websitenya.

Jika ingin kategori yang lebih pendek dan fun, bisa mengikuti lomba lari dengan jarak 3 km yaitu Ambassador Run. Sementara itu, Ultrathon yang menawarkan jarak 116 km akan menghadiahkan para pelarinya berupa pemandangan indah dari pegunungan di Jawa Tengah.

Candi Borobudur sendiri merupakan monumen Buddha terbesar di dunia. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa.

Lembaga internasional dari PBB yaitu UNESCO mengakui sekaligus memuji Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Budha terbesar di dunia.

Di Candi ini ada 2672 panel relief yang apabila disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km. Ansambel reliefnya merupakan yang paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya serta setiap adegannya adalah mahakarya yang utuh.

Borobudur Marathon 2016 dahulu bernama Bob Hasan 10K diselenggarakan sejak 1990 sebagai ajang atlet lari tingkat nasional dan internasional.

Selanjutnya mulai 1998, event ini digelar Pengprov PASI Jateng dan diganti namanya menjadi Borobudur 10K, kemudian sempat berganti lagi di tahun-tahun berikutnya.

Sampai akhirnya tahun ini diberi nama Borobudur Marathon. Informasi dan pendaftaran bisa mengakses website resminya www.borobudurmarathon.id. (sak)

Bagikan artikel ini