Borobudur Marathon Tingkatan Wisata

Borobudur Marathon Tingkatan Wisata

Menpora Imam Nahrawi menerima rombongan Kompas TV di ruang kerjanya, Kemenpora, Jakarta, Senin (13/11). Mereka mengundang Menpora untuk hadir pada penyelengaraan Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 yang akan dilaksanakan 19 November mendatang di kawasan Candi Borobudur, Magelang.

Penyelenggara Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 adalah Yayasan Borobudur, Pemprov Jateng dan Bank Jateng, bersama Harian Kompas menyelenggarakan Bank Jateng Borobudur Marathon 2017.

Lomba lari ini mengusung tema utama “Reborn Harmony” atau di dalam bahasa Indonesia berarti “Tumbuh Kembali Dalam Keselarasan”. Even tahunan ini akan berlangsung pada 19 November 2017 di kawasan Candi Borobudur, Magelang dan ditargetkan diikuti oleh 10 ribu peserta.

“Konsep penyelenggaraan Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 ini berbeda dari sebelumnya. Kalau tahun ini, yang ikut benar-benar pelari profesional dan sudah bersedia untuk ikut ada 27 negara,” ujar Lukminto N dari Kompas.

“Dalam penyelenggaraan Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 ini kita mengikuti standart International Association of Athletics Federations (IAAF ). Ke depannya, Borobudur Marathon akan menjadi Icon di Indonesia,” imbuh Lukminto.

Menanggapi hal tersebut, Menpora mengapresiasi even olahraga ini. Borobudur Marathon menurutnya selalu membangkitkan inspirasi tentang Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dunia.

“Selain manfaat bagi dunia olahraga, Borobudur Marathon juga bisa menggerakkan dunia wisata olahraga di Indonesia, ” kata Menpora didampingi Deputi bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti dan Staf Khusus Bidang Olahraga Taufik Hidayat.

Menpora berharap Borobudur Marathon 2017 bisa meningkatkan minat masyarakat Indonesia dan turis mancanegara untuk berkunjung ke Magelang. Tidak hanya itu saja, para wisatawan juga diharapkan bisa lebih menghargai alam serta melestarikan seni dan budaya lokal. (sak)

Bagikan artikel ini