BTN Terbitkan e-Retribusi Pasar

BTN Terbitkan e-Retribusi Pasar

Untuk memudahkan transaksi pedagang pasar, Bank Tabungan Negara (BTN) menerbitkan e-retribusi pasar di seluruh Indonesia. Selain mempermudah para pedagang pasar dalam melakukan pembayaran retribusi pasar, e-retribusi juga sekaligus mendukung gerakan nontunai.

“Ini merupakan pilot project dari rencana yang akan kami lakukan. Secara nasional nanti BTN akan memberikan layanan e-Retribusi untuk seluruh pedagang pasar di Indonesia,” ungkap Maryono, Direktur Utama BTN usai meluncurkan e-retribusi pasar di Solo, Sabtu (1/10).

Peluncuran e-retribusi pasar di Solo, kata Maryono, adalah yang pertama kali dilakukan. Ke depannya, pihaknya akan melakukan penjajagan agar layanan tersebut bisa disinergikan dengan pemerintah daerah lain di seluruh Indonesia.

Program e-retribusi pasar, sambung Maryono, juga merupakan implementasi dari pengembangan bisnis Bank BTN dalam digital banking. Di Solo, e-retribusi pasar akan dilakukan di seluruh pasar tradisional.

“Dengan demikian, program ini memaksimalkan pendapatan daerah secara sistem yang dapat dipertanggunjawabkan. Selain itu, ada tujuan efisiensi dari sumberdaya manusia, pengadaan karcis retribusi termasuk waktu, akan banyak dihemat,” ujarnya.

Maryono menanbahkan e-retribusi ini juga dimaksudkan ubtuk mengenalkan masyarakat pedagang pasar kepada perbankan. Ia berharap agar para pedagang nanti pada akhirnya juga gemar menabung untuk masa depan mereka.

“Untuk itu, ke depan kami juga akan memberikan fasiltas kredit kepada para pedagang untuk mengembangkan usaha atau kiosnya. Termasuk dalam hal ini fasilitas kredit untuk rumah bagi para pedagang,” ucapnya. (sak)

Bagikan artikel ini