Bulog Sudah Serap 54,9% Beras Petani

Bulog Sudah Serap 54,9% Beras Petani

Perum Bulog hingga pekan ketiga Oktober 2017 sudah membeli gabah atau beras sebanyak 54,91 persen dari para petani di daerah. Dalam sisa waktu dua bulan tahun ini, yakni November dan Desember, Bulog optimistis mampu menyerap optimal beras petani untuk mengamankan stok pangan nasional.

“Sampai hari ini penyerapan gabah atau beras oleh Bulog sudah sebesar 2,052 juta ton atau setara 54,91 persen dari target tahun ini,” ujar Sekretaris Perusahaan Perum Bulog, Siti Kuwati kepada media di Jakarta, pekan lalu.

Ia mengaku ada sedikit kendala menyerap beras petani karena di sejumlah daerah terjadi gagal panen maupun harga gabah kering giling mengalami kenaikan.

“Optimalisasi penyerapan beras milik petani untuk membuat stabil harga beras di pasaran serta menjamin keamanan pangan nasional adalah fokus kami,” katanya.

Siti juga menyatakan penyaluran beras untuk keluarga sejahtera (rastra) saat ini sudah mencapai 2,1 juta ton atau 83,38 persen dari pagu tahun 2017.

Kinerja Bulog pun mendapat ganjaran berupa penghargaan sebagai BUMN dengan predikat ‘sangat bagus’ dalam penganugerahan ‘Infobank BUMN Awards 2017’. Predikat tersebut diberikan untuk kategori ‘BUMN Bidang Penunjang Pertanian’.

Tahun lalu, pendapatan usaha Bulog sebesar Rp 34,76 triliun atau meningkat 7,63 persen dibanding tahun sebelumnya. “Penghargaan itu membuat kami terus meningkatkan kinerja untuk menjaga stok pangan nasional sehingga harga komoditas stabil,” ujar Siti. (sak)

Bagikan artikel ini