Catur Internasional Piala Jaksa Agung

Catur Internasional Piala Jaksa Agung

Sebanyak 13 master catur internasional meramaikan ajang Fide Internasional Open Chess Tournament Piala Jaksa Agung di Gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Timur di Surabaya. Turnamen digelar selama enam hari sejak Selasa (1/8) hingga 6 Agustus mendatang.

Selain dari Indonesia, master catur juga berasal dari Filipina, Uzbekistan, dan Malaysia. “Juga ada 2 grand master, 1 dari Indonesia dan 1 dari Filipina,” kata Kepala Kejati Jatim, Maruli Hutagalung saat pembukaan turnamen.

Grand Master (GM) terbaik Indonesia dari Jawa Barat, Susanto Megaranto, juga menjadi peserta bersama GM Filipina, Darwin Laylo yang masuk ranking 2000 pecatur terbaik dunia.

Total peserta turnamen kata Maruli sebanyak 256 peserta, selain dari luar negeri, juga dari 20 provinsi seluruh Indonesia.

Even yang berhadiah total Rp 135 juta itu menggunakan sistem Swiss 11 babak. Setiap hari akan dipertandingkan 2 babak, kecuali pada hari terakhir hanya satu babak.

Maruli mengatakan, turnamen digelar untuk mencari bibit pecatur Indonesia agar bisa berlaga di turnamen tingkat dunia. “Korps jaksa juga punya komitmen untuk memajukan olahraga,” jelasnya.

Jaksa Agung RI, M Prasetyo mengapresiasi turnamen catur internasional tersebut. “Dengan diikuti belasan Grand Master lintas negara ini bisa meningkatkan kualitas atlet catur Indonesia. Selamat bertanding. Semoga yang terbaik akan menjadi pemenang dan bertanding secara sportif,” ujarnya. (ist)

Bagikan artikel ini