Danamon: The Most Profitable Sharia Unit

Danamon: The Most Profitable Sharia Unit

Bank Danamon Unit Usaha Syariah (Danamon Syariah) meraih prestasi “The Most Profitable Sharia Unit” kategori aset diatas Rp 1,5 triliun. Dalam ajang Islamic Finance Award yang diselenggarakan oleh KARIM Consulting Indonesia ini, Danamon Syariah berhasil mengungguli sejumlah Unit Usaha Syariah lainnya di tanah air.

“Dalam kondisi perekonomian yang menantang saat ini, kami bangga dan bersyukur atas penghargaan yang diraih Danamon Syariah, yang tetap mampu menunjukkan performa kinerja yang positif,” ujar Danamon Syariah Business Head, Bambang Atmaji.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Perbankan Syariah Danamon, Herry Hykmanto menambahkan selama 2015, pertumbuhan pendanaan merupakan hal yang menjadi prioritas dalam menjaga likuiditas dan mendukung pertumbuhan pembiayaan.

Danamon Syariah mencatatkan pertumbuhan pembiayaan sebesar Rp 600 miliar selama 2015. Angka ini meningkat 27 persen secara setahunan (year-on-year) menjadi Rp 2,9 triliun dari periode sebelumnya sebesar Rp 2,3 triliun dengan kontribusi terbesar berasal dari sektor pembiayaan produktif.

Pertumbuhan pembiayaan ini juga diiringi kualitas pembiayaan yang terjaga, dengan nilai NPF di posisi 1,34 persen. Untuk pendanaan selama 2015, Danamon Syariah juga mencatat pertumbuhan yang kuat, dimana total pendanaan mencapai Rp 3,03 triliun atau meningkat 22 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Penghargaan diraih berdasarkan penilaian atas laporan keuangan audited periode 31 Desember 2014 hingga 31 Desember 2015. “Danamon Syariah terus mengembangkan produk pendanaan untuk membantu kebutuhan nasabah dalam melakukan perencanaan keuangan,” ujar Herry Hykmanto.

Kriteria penilaian meliputi pertumbuhan pangsa pasar dana pihak ketiga (DPK), pertumbuhan pangsa pasar pembiayaan, tingkat efisiensi (BOPO), kualitas pembiayaan (NPF), serta tingkat profitabilitas (ROA, ROE). (sak)

Bagikan artikel ini