Dapat 31 Emas Karena Rasa Nasionalisme

Dapat 31 Emas Karena Rasa Nasionalisme

Pertama kali dalam sejarah, Indonesia mampu menorehkan raihan 31 medali emas pada perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta Palembang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan jika perolehan 31 emas itu karena rasa nasionalisme yang muncul.

“Karena rasa nasionalisme sehingga Indonesia dapat bersatu memberikan dukungan. Dukungan itu membuat para atlet yang bertanding menjadi lebih bersemangat hingga mampu meraih 31 emas,” kata Jokowi saat di kampus Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Kamis (6/9).

Menurutnya, Indonesia dengan potensi atlet yang luar biasa dapat terus berkembang. “Kita punya kapasitas terpendam. Jika fokus kita bisa menjadi besar di Asia bahkan di dunia,” ujarnya.

Capaian positif hasil Asian Games 2018 juga mendapatkan sambutan positif dari Gubernur Jatim, Soekarwo. “Hasil Asian Games, Indonesia bisa menjadi keempat terbesar di Asia. Ini prestasi yang sungguh luar biasa,” ungkapnya.

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, selama ini bendera Indonesia Merah Putih hanya berkibar di waktu tertentu. “Hanya kalau ada kunjungan presiden dan menang dalam olahraga baru Merah Putih naik (dikibarkan). Dan kemarin Asian Games, merah putih 31 kali dikibarkan dipuncak tertinggi di banding negara lain di Asia,” tukasnya. (jnr)

Bagikan artikel ini