Dari 500 Tokoh, Jokowi Urutan 16

Dari 500 Tokoh, Jokowi Urutan 16

Presiden Joko Widodo masuk dalam daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia tahun 2019. Presiden kembali masuk dalam daftar “Top 50” sama seperti tahun sebelumnya.

Saat ditanya oleh jurnalis seusai berkunjung ke Pondok Pesantren Bugen Al-Itqon, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/10), Presiden mengatakan bahwa penghargaan tersebut untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Alhamdulillah, saya kira sebuah penghargaan untuk kita semuanya, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” kata Presiden

Namun lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa dirinya akan tetap fokus bekerja. “Tapi saya tetap terus akan bekerja apa adanya, seperti biasanya,” imbuh Presiden, seperti dilansir dari siaran pers Deputi Bidang Pers, Protokol dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Adapun daftar tokoh muslim dunia paling berpengaruh tahun 2019 dikeluarkan oleh Pusat Studi Strategi Islam, lembaga riset mandiri yang berlokasi di Amman, Yordania.

Untuk kali kedelapan, Pusat Studi Strategi Islam di Amman, Jordania, merilis daftar 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia.

Seperti biasa, dalam daftar ini, 50 tokoh Islam teratas yang dianggap paling berpengaruh dipilah secara khusus. Sementara itu, sisanya dipecah ke dalam 15 kategori tanpa pemeringkatan.

Indonesia menyumbangkan tiga nama. Presiden Joko Widodo alias Jokowi menempati posisi ke-16 daftar tokoh Islam paling berpengaruh ini.

Lembaga ini menyebut Jokowi sebagai seorang politisi sukses dan bersih. Lembaga ini juga menyebut Jokowi mengawali karier politiknya sebagai Wali Kota Solo.

Saat menjadi wali kota, disebutkan Jokowi sangat dekat dengan konstituennya dan berhasil mempromosikan Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa. Dia juga dinilai berhasil memperbaiki sistem transportasi, kesehatan, dan hubungan bisnis dengan masyarakat.

Jokowi juga sukses mempertahankan citranya sebagai politisi bersih dengan menghindari korupsi dan nepotisme yang banyak dilakukan banyak pejabat lain.

Lembaga ini juga menyitir aksi blusukan yang kerap dilakukan Jokowi untuk mendengar langsung keluhan masyarakat. Aksi ini banyak dikritik, tetapi sukses membuat Jokowi menjadi sosok pejabat yang dekat dengan rakyat.

Selain Jokowi, tokoh Indoensia yang masuk daftar 50 besar adalah Ketua Nahdlatul Ulama (NU) KH Said Aqil Siradj (peringkat 20). Lalu ada nama Habib Luthfi bin Yahya (peringkat ke-37) Rais Amm dari Jamiyah Ahli Tahriqah al-Mu’tabarah al-Nahdliyah di Pekalongan, Jawa Tengah, dan juga menjabat sebagai Ketua MUI Jawa Tengah. Daftar lengkap 500 tokoh Islam paling berpengaruh di dunia bisa Anda lihat di www.themuslim500.com. (sak)

Bagikan artikel ini