Dicari, Penulis Buku ‘Inspirasi Majapahit’

Dicari, Penulis Buku ‘Inspirasi Majapahit’

Mandala Majapahit UGM (ManMa UGM) adalah salah satu unit kajian berupa tempat pusat informasi terkait Majapahit.

Didirikan atas kerja sama Yayasan Arsari Djojohadikusumo dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada yang dikoordinasikan oleh Departemen Arkeologi FIB UGM.

Pada tahun 2018, ManMa UGM akan melakukan kegiatan penerbitan buku seri “Inspirasi Majapahit” dengan tema “Pengelolaan Warisan Budaya Majapahit dalam Perspektif Lingkungan”.

Peluncuran buku direncanakan akan dilakukan bersamaan dengan agenda Seminar Nasional 725 Tahun Majapahit di Universitas Gadjah Mada pada 27 November 2018.

Kegiatan ini dikelola ManMa UGM dibawah tanggung jawab Departemen Arkeologi FIB UGM. Informasi detail bisa dilihat ditautan: http://ugm.id/Bmjp.

Penulisan Buku
Citra Majapahit sebagai pemersatu Nusantara ini telah mengangkat kerajaan ini menjadi inspirasi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu Kerajaan Majapahit merupakan salah satu ‘ikon’ penting sejarah dan budaya bangsa Indonesia.

Kesadaran terhadap nilai penting warisan budaya Majapahit harus menjadi agenda pelestarian dan menjadi tanggung jawab setiap anak bangsa.

Pelestarian terhadap warisan budaya Majapahit telah berlangsung sejak beberapa dekade, baik dalam bentuk pelindungan, pengembangan, maupun pemanfaatannya.

Usaha-usaha maupun apresiasi terhadap bentuk-bentuk pelestarian ini telah melibatkan para stakeholders yang terdiri atas golongan masyarakat, pemerintah, dan akademisi.

Pihak-pihak ini kemudian tampil sebagai pengelola, pelestari, pemerhati, atau sebagai pihak yang memiliki kepentingan terhadap warisan budaya Majapahit.

Disadari pula bahwa aspek lingkungan memiliki peran yang sangat penting dan berpengaruh dalam usaha-usaha pelestarian warisan budaya Majapahit.

Perspektif lingkungan yang dipahami meliputi aspek yang luas, baik berupa fisik maupun non fisik, dapat pula berupa aspek alam, manusia, bahkan budayanya.

Cara pandang, fokus, dasar pragmatis yang berbeda dari aspek lingkungan tersebut diyakini berpengaruh penting pada usaha pelestarian warisan budaya Majapahit baik yang telah lampau, saat ini, maupun proyeksi rencana yang akan datang.

Penulisan buku mengenai pengelolaan warisan budaya Majapahit dalam perspektif lingkungan ini diharapkan dapat melaporkan, mengulas, dan/atau menawarkan gagasan terhadap upaya pelestarian.

Diharapkan pula pengayaan khazanah Warisan Budaya Majapahit ini dapat diperoleh tidak hanya di Situs Trowulan, Mojokerto dan sekitarnya, melainkan dari seluruh tempat di Nusantara.

Buku ini merupakan pengembangan dari tema buku “Inspirasi Majapahit” (2014) yang mengangkat kemampuan nilai-nilai warisan budaya Majapahit yang dapat menginspirasi masa kini dan mendatang terhadap jati diri bangsa, aspek sosial budaya, serta aspek penciptaan budaya bendawi yang mampu menyejahterakan. (sak)

Bagikan artikel ini