Didik Nini Thowok Menari Tiga Hari

Didik Nini Thowok Menari Tiga Hari

Maestro tari Didik Nini Thowok, akan menunjukkan kepiawaiannya dalam Kulon Progo Festival (Kulfest) 2017. Pagelaran seni budaya yang memadukan unsur tradisional dan modern ini bakal berlangsung untuk kali pertama di Bendung Kahyangan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 24–26 November 2017.

“Saya mau tidak mau tiga hari harus tampil, setiap hari he-he-he,” katanya kepada Kompas.com lewat sambungan telepon, Kamis (2/11).

Pada hari pertama, tepatnya 24 November nanti, Didik akan menampilkan tarian Ardanari Swara. Tarian ritual ini pernah ia bawakan di hadapan putri kerajaan Thailand, Maha Chakri Sirindhorn.

“Itu (tentang) Shiva menampilkan dalam wujud separuh lelaki, separuh perempuan. Tarian crossgender Ardanari Swara ini yang pernah (ditampilkan saat) diundang oleh Putri Thailand,” ucap Didik.

Tarian kedua yang juga bakal ia bawakan adalah tari topeng Malangan khas Malang, Jawa Timur. Lalu pada hari ketiga atau hari terakhir Kulfest 2017, Didik akan melakukan kolaborasi. “Ketiga itu, saya akan tampil kolaborasi dengan perkusi Ega Robot dari Jawa Barat untuk Jaipongan,” katanya.

Bakal tampil tiga hari berturut-turut dan membawakan tiga tarian berbeda, lalu bagaimana persiapan Didik? “Secara fisik saya tampil sebenarnya udah biasa ya. Kemarin saya di Jepang juga pertunjukannya tiga hari berturut-turut. Fisik biasa saja, asal minum vitamin dan jaga kondisi. Gitu saja he-he-he,” ujar Didik.

Bersama Didik, Komunitas Bissu Sulawesi, Ega Robot dari Bandung, Sarumban Dance Theatre dari Cirebon, Sanggar Mahasiswa Tidore, Sanggar GER dari Palembang, dan Jaringan Kampung Nusantara (Japung) akan ikut unjuk kebolehan.

Lalu ada seniman dari enam negara yang juga akan terlibat. Mereka adalah Pooja Bhatnagar dan Sindhu Raj dari India, Navee Sasongkroh dan Thummanit Nikomrat dari Thailand, Liz Elizabeth Louisse dari Australia, Ai Hasuda dari Jepang, Cao Zhiwei dan Sun Yijun dari Cina serta Jetty Roels dari Belgia.

Selain pertunjukan budaya, Kulfest 2017 nantinya menghadirkan juga beberala musisi favorit Indonesia, ada Sheila On 7, Andien, Endank Soekamti, Payung Teduh, hingga Gugun Blues Shelter. (ist)

Bagikan artikel ini