Diresmikan Hutan Kota di Tangerang

Diresmikan Hutan Kota di Tangerang

Sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan lingkungan hijau di Tangerang, Paramount Land bersama Pemkab Tangerang meresmikan Hutan Kota Tigaraksa, sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) seluas 17.200 m2.

Hutan Kota ini ditumbuhi 469 pohon yang terdiri dari pohon pelindung seperti trembesi, flamboyan merah, asam kranji, mahoni, pulai dan pohon aksen seperti tabebuia pink dan kuning, pohon kupu-kupu, dadap merah, serta semak berbunga (teh-tehan, kana belang, dan kana bunga merah).

Sepanjang hutan kota ini juga dilengkapi fasilitas jogging track sepanjang 727,6 m2, area drop off, signage lokasi, papan informasi serta lampu taman di sepanjang area tersebut.

Peresmian Hutan Kota Tigaraksa ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pelepasan burung merpati sebagai simbolis dibukanya Hutan Kota Tigaraksa, Tangerang untuk masyarakat umum oleh Wakil Bupati Tangerang, Hermansyah, didampingi Presiden Direktur Paramount Land, Ervan Adi Nugroho.

Dalam acara peresmian Wakil Bupati Tangerang menyampaikan apresiasinya akan program stewardship yang dilakukan Paramount Land. Hal tersebut juga sejalan program pemerintah daerah yang ingin menjadikan seluruh lahan di Kabupaten Tangerang menjadi hijau (cukup vegetasi). Sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika, dan sekaligus dapat berfungsi untuk penyerapan karbon.

”Kami berharap Hutan Kota Tigaraksa ini dapat terus dirawat, dijaga dan dipelihara dengan baik sehingga bermanfaat bagi kita semua,” kata Hermansyah, Kamis (29/9).

Pada kesempatan ini Pemkab juga ingin mengajak seluruh pihak untuk terus meningkatkan kepedulian akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon berkelanjutan untuk mencapai pembangunan Kabupaten Tangerang yang bersih aliasclean development mechanism.

Presiden Direktur Paramount Land Ervan Adi Nugroho menyatakan setiap wilayah harus memiliki Hutan Kota yang berfungsi selain untuk filterisasi udara dan paru-paru kota, juga sebagai sarana rekreasi/olahraga bagi kehidupan masyarakat.

”Tangerang merupakan salah satu kota penyangga DKI Jakarta yang menuntut aktivitas, mobilitas yang tinggi sehingga harus diimbangi dengan kenyamanan dan kualitas hidup masyarakatnya,” tuturnya.

Pihaknya mengucapkan banyak terima kasih, khususnya kepada Pemkab Tangerang serta segenap jajaran yang ada, yang selama ini telah begitu mendukung selaku pelaku bisnis di bidang properti dalam mengembangkan proyek-proyek propertinya, khususnya proyek pembangunan perkotaan Gading Serpong.

Ervan menambahkan, pihaknya berharap, Hutan Kota Tigaraksa ini dapat menciptakan keserasian lingkungan fisik kota yang seimbang dalam menyukseskan Kabupaten Tangerang yang cerdas, nyaman, modern, dan ramah lingkungan.

Direktur Paramount Land Aryo Tri Ananto mengatakan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan salah satu bagian terpenting dari pembangunan suatu daerah.

Hutan Kota Tigaraksa di Tangerang, dilengkapi berbagai jenis tanaman pelindung yang berfungsi sebagai filter udara dan kaya oksigen, serta tanaman aksen yang akan membuat Hutan Kota menarik dikunjungi sebagai tempat rekreasi.

”Selain itu, juga terdapat beberapa jenis pohon lainnya dengan berbagai macam manfaat yang berbeda. Dengan tersedianya udara yang bersih dan kesejukan dari kerindangan pohon-pohon koleksi yang ada di sini tentu akan menambah nilai lebih bagi orang-orang yang ingin berolahraga di tempat ini,” ujarnya. (sak)

Bagikan artikel ini