Dorong Talenta ke Salone del Mobile Milano

Dorong Talenta ke Salone del Mobile Milano

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menampilkan produk kreatif desain interior Indonesia di Salone del Mobile Milano 2018 untuk kedua kalinya.

Setelah tahun lalu sukses membawa lebih dari 100 produk dari 28 desainer di Tortona Design Week yang terhubung dengan Salone del Mobile 2017, sebuah ajang promosi global bagi desainer, produsen, dan pembeli internasional.

Salone del Mobile Milano 2018 akan digelar di RHO Fiera Milano pada 12-22 April 2018. Acara ini bersamaan dengan beragam acara lain yang digelar di Milan Fairgrounds, Rho, kawasan bisnis Milan.

Tahun ini, Bekraf memfasilitasi dua kategori untuk berpartisipasi, yaitu talenta kreatif dan produsen. Pendaftaran secara online sudah ditutup 15 Januari lalu.

Talenta kreatif adalah para desainer produk, desainer furniture, dan desainer interior yang memiliki target memenuhi permintaan pasar internasional. Sedangkan kategori industri adalah industri yang memproduksi produk furniture, aksesoris interior, dan furnishing.

“Payung program, IDentities. ID dan entities adalah konsep kekuatan Indonesia di keanekaragamannya. Kita mencari produk unik dan orisinil dari pendaftar. Kita tampilkan industri unggulan yang sesuai kelas global,” ungkap Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simandjuntak.

Salone del Mobile adalah platform promosi internasional sekaligus referensi global untuk desain dan furnishing. Kesempatan bisnis pada acara ini mencapai 42% untuk arsitek, dekorator interior, desainer pencahayaan, manajer fasilitas, kontraktor umum, dan grup pembeli.

38 % diisi oleh para distributor, retailer, dan dealer. 20% adalah agensi dan perwakilan lainnya. Maka, Bekraf mendorong perkembangan talenta kreatif dan industri Indonesia berpartisipasi.

Bekraf mendapatkan lokasi di episentrum RHO Fiera Milano. Acara yang melibatkan 1.257 exhibitors dengan 363.000 pengunjung yang 60% nya trader dari 125 negara ini merupakan ajang menarik investor, menjalin international networking, dan masuk di global market.

“Kapasitas produksi mumpuni untuk pasar ekspor dengan legalitas Intellectual Property (IP) Ownership adalah prioritas. Desainer, talenta kreatif adalah mereka-mereka yang sudah siap mengglobal. Kita tidak hanya menjual produk, tapi juga desainer dilibatkan,” tambah Joshua.

Tahun ini, Bekraf mengedepankan sumber daya alam, keanekaragaman budaya, dan orang-orang bertalenta. Bekraf mencari pengrajin mahir, desainer berbakat, dan industri manufaktur berpengalaman untuk memperlihatkan keunggulan Indonesia di Salone del Mobile.

Talenta kreatif yang terpilih diharapkan berkemampuan menciptakan dan mengembangkan ide original pada desain furniture. Industri yang dipilih memproduksi produk kreatif di sektor furniture, kerajinan, dan dekorasi rumah yang memperlihatkan potensi ekonomi mampu ekspor ke luar negeri.

Mereka yang terpilih berkesempatan menjadi perwakilan Indonesia dan memperlihatkan keunggulan Indonesia untuk menjaring investor global, menjalin kemitraan global, global positioning, international networking, menembus pasar global, serta mendapatkan proyek internasional. Kreativitas original dibutuhkan untuk siap menghadapi pasar global. (sak)

Bagikan artikel ini