DPR Menolak APBN untuk Rio Haryanto

DPR Menolak APBN untuk Rio Haryanto

Hari Minggu (29/5) siang ini, pukul 14.00, pembalap Formula1 Indoensia Rio Haryanto bakal mengikuti balaman seri GP Monaco. Pembalap tim Racing Manor ini bakal start dari urutan ke 19 dari 22 pembalap. Didepan rekan setimnya, Pascal Wehrlein serta pembalap Max Verstappen dan Felipe Nasr.

Sayang dari Tanah Air ada kabar kurang menyenangkan, Komisi X DPR menolak memberikan Rio bantuan lewat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun Menpora Imam Nahrawi tak akan berhenti berupaya mencari sokongan dana bagi pembalap asal Solo ini.

Banyaknya beban yang dimiliki Kemenpora merupakan alasan Komisi X DPR tak memberikan bantuan via APBN. Pasalnya, saat ini, Kemenpora sudah memiliki kebutuhan lain, yakni pembinaan cabang olahraga jelang multievent, Satlak Prima, hingga biaya lainnya, selain itu juga biaya Asian Games 2018.

“Komisi X tidak merestui Kemenpora membantu Rio sepenuhnya karena beban Kemenpora sudah terlalu besar, tapi kami pemerintah tidak akan berhenti berupaya,” ujar Imam Nahrawi di Jakarta.

Imam mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai cara guna menutupi kekurangan dana Rio. Salah satunya meminta bantuan dana dari Kementerian Pariwisata dan Donasi SMS yang sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.

Tumlah total donasi terhitung sejak 17 April hingga 22 Mei baru sekitar Rp 221 juta. Padahal target yang diharapkan bisa menembus angka Rp 100 miliar. “Uang donasi SMS terserah Kiky Sport yang mengatur. Mereka diberi kepercayaan Kemenpora, operator dan masyarakat. Rio tentu butuh dana yang besar untuk mengikuti setiap balapan,” ungkapnya.

“Namun, saya berharap sebelum akhir Mei, Kiky Sport sudah memberikan laporan mengenai jumlah donasi SMS dari masyarakat. Saya optimistis. Bekal kita sebagai anak Indonesia harus optimistis melihat apa pun. Tidak boleh kecil terhadap apapun. Itu juga menjadi arahan presiden,” pungkas Imam,

Minimnya sokongan dana tampaknya bakal berpengaruh terhadap kelanjutan kiprah Rio Haryanto dengan tim Manor, dan di F1 secara umum. Namun kondisi ini tidak akan mengusik konsentrasi Rio dalam membalap. (sak)

Kualifikasi F1 GP Monaco:
1. Daniel Ricciardo (Australia) Red Bull-TAG Heuer
2. Nico Rosberg (Jerman) Mercedes
3. Lewis Hamilton (Inggris) Mercedes
4. Sebastian Vettel (Jerman) Ferrari
5. Nico Huelkenberg (Jerman) Force India-Mercedes
6. Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari
7. Carlos Sainz Jr (Spanyol) Toro Rosso-Ferrari
8. Sergio Perez (Meksiko) Force India-Mercedes
9. Daniil Kvyat (Rusia) Toro Rosso-Ferrari
10. Fernando Alonso (Spanyol) McLaren
11. Valtteri Bottas (Finlandia) Williams-Mercedes
12. Esteban Gutierrez (Meksiko) Haas – Ferrari
13. Jenson Button (Inggris) McLaren
14. Felipe Massa (Brazil) Williams-Mercedes
15. Romain Grosjean (Prancis) Haas – Ferrari
16. Kevin Magnussen (Denmark) Renault
17. Marcus Ericsson (Swedia) Sauber-Ferrari
18. Jolyon Palmer (Inggris) Renault
19. Rio Haryanto (Indonesia) Manor-Mercedes
20. Pascal Wehrlein (Jerman) Manor-Mercedes
21. Max Verstappen (Belanda) Red Bull-TAG Heuer
22. Felipe Nasr (Brazil) Sauber-Ferrari

Bagikan artikel ini