Eichi Koito Pimpin Nissan di Indonesia

Eichi Koito Pimpin Nissan di Indonesia

Nissan mengumumkan penunjukan Eiichi Koito, sebagai Presiden Direktur baru untuk PT Nissan Motor Indonesia (NMI), berlaku efektif mulai 1 April 2017. Antonio Zara, yang saat ini memimpin NMI, akan menduduki posisi baru sebagai Senior Vice President – Transformation Projects di Nissan Asia & Oceania.

Sebagai Presiden Direktur, Koito akan bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi bisnis guna mengoptimalkan kinerja Nissan, termasuk mengelola pengenalan produk serta secara signifikan meningkatkan kehadiran dan aksesibilitas merek Nissan dan Datsun dalam mengejar tujuan menjadi pemain utama sektor otomotif di Indonesia. Koito juga bertanggung jawab menangani pabrik di Indonesia.

Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President & Head of Operations Committee Nissan Asia & Oceania mengatakan, Eiichi Koito memiliki catatan konsistensi kinerja yang baik serta pengalaman luas dalam industri otomotif dan juga di Mitsubishi.

“Pengalamannya menangani pasar Indonesia pada tugasnya terdahulu akan sangat menguntungkan. Saya senang memiliki pemimpin yang kuat seperti Koito bergabung untuk mempercepat pertumbuhan Nissan di pasar yang dinamis seperti Indonesia,” ujarnya melalui rilisnya di Jakarta.

Eiichi Koito bergabung di Mitsubishi Corporation pada tahun 1994 dan pernah bekerja di sejumlah posisi kunci, termasuk perencanaan produk, penjualan dan pemasaran. Ia diperbantukan ke Mitsubishi Motors di 2014, dan saat ini menjabat sebagai General Manager – Global After Sales Division, Global After Sales Planning Department di kantor pusat Mitsubishi Motors.

Nissan merupakan produsen kendaraan global yang menjual lebih dari 60 model di bawah brand Nissan, Infiniti dan Datsun. Pada tahun fiskal 2015, perusahaan berhasil menjual lebih dari 5,4 juta kendaraan secara global, menghasilkan pendapatan sebesar 12,2 triliun Yen.
Para insinyur Nissan juga memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik terlaris dalam sejarah, Nissan LEAF. Kantor pusat global Nissan di Yokohama, Jepang, mengatur operasi di enam wilayah, yaitu ASEAN & Oceania, Afrika, Timur Tengah & India, Cina, Eropa, Amerika Latin dan Amerika Utara. Nissan bermitra dengan Renault dari Perancis sejak 1999 dan Mitsubishi Motors di tahun 2016 di bawah Renault-Nissan Alliance.

Sedangkan PT Nissan Motor Indonesia didirikan pada 2001, beroperasi dalam bidang penjualan dan suku cadang resmi untuk Nissan, Datsun, dan Infiniti di Indonesia. NMI memiliki dua pabrik perakitan di Purwakarta, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi tahunan hingga 250.000 unit. NMI juga telah memiliki 121 dealers di seluruh Indonesia. (yul)

Bagikan artikel ini