Empat UKM Perempuan Go Digital

Empat UKM Perempuan Go Digital

Janji Walikota Surabaya menaikkan derajat perempuan Surabaya dibuktikan. Empat pelaku UKM yang seluruhnya perempuan menandatangi kerjasama kemitraan dengan Telkom Surabaya, Rabu (25/5).

Kemitraan didasari keinginan menjadikan pelaku UKM tuan di negeri sendiri. Empat UKM tersebut meliputi UKM Elok Mekar Sari, UKM Gaul Mira Rahayu, UKM Kampung Kue, dan UKM Craft Karangpilang Bersatu.

Kepala BKPPM Surabaya Eko Agus Supiadi S mengatakan empat UKM ini telah menjalani seleksi yang dilakukan Unair sejak Februari hingga Mei lalu. Ada beberapa aspek yang menjadi bahan seleksi. Salah satunya kontinuitas perusahaan, kualitas produk dan yang penting ketersediaan tenaga kerja yang memadai.

“Nantinya, pelaku UKM ini akan mendapat pelatihan selama tiga bulan mengenai e-commerce dan toko digital. Sehingga mereka bisa memasarkan produk secara online,” kata Agus.

Selain itu, produk keempat pelaku UKM ini juga telah dipasarkan di gerai swalayan modern, dan sentra UKM milik pemerintah. Pemkot Surabaya juga berusaha mengenalkan produk UKM ini sebagai buah tangan kepada tamu domestik dan mancanegara.

General Manager PT Telkom Witel Jatim Suramadu M Nasrun Ihsan berharap, empat UKM ini bisa menjadi pemicu bagi UKM lainnya di Surabaya.

Karena masih awal, nantinya keempat UKM ini akan terus mendapat pembelajaran dan pendampingan dari pihak Kampung UKM digital. Targetnya, di tahun 2016 setiap kecamatan di Kota Surabaya memiliki wakil di Kampung UKM digital. (sak)

Bagikan artikel ini