Festival Kesenian Pesisir Utara Jatim Digelar

Festival Kesenian Pesisir Utara Jatim Digelar

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menggelar Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU). FKPU akan berlangsung 10-12 Maret di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo. FKPU merupakan festival yang digelar Pemprov Jatim bekerjasama dengan 14 (empat belas) pemerintah kab/kota yang berada di wilayah pesisir utara Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Jarianto mengatakan gelaran Festival Kesenian Pesisir Utara merupakan festival bersifat apresiatif yang kegiatannya terdiri dari sarasehan budaya, unjuk gelar akbar yang dikemas melalui atraksi pergelaran seni pertunjukan daerah, pawai seni budaya, dan pameran potensi masing-masing kab/kota.

“Kesemuanya itu mengarah kepada penggalian kearifan lokal suatu daerah serta memotivasi perkembangan seni budaya pesisiran sebagai industri kreatif sekaligus sebagai promosi potensi wisata budaya,” ujar Jarianto kepada media di Surabaya, Rabu (8/3).

Maksud dan tujuan Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) untuk meningkatkan produktifitas, kreatifitas, dan kualitas para pelaku seni. Meningkatkan jalinan kerjasama antar seniman dan antar pemangku kepentingan terhadap pengembangan seni. Meningkatkan peran lembaga seni di daerah sebagai basis aktivitas seni budaya yang kreatif, apresiatif, produktif, dan berkelanjutan.

“Juga untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya daerah di wilayah pesisir utara Jawa Timur dan mengembangkan ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya,” katanya.

Sedangkan untuk tempat penyelenggaraan FKPU, dilaksanakan secara bergiliran sesuai kesepakatan. Sebagaimana tahun ini Pemprov Jatim bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Sidoarjo sebagai tuan rumah FKPU 2017.

FKPU ke-XI tahun 2017 mengangkat tema “Budaya Pesisiran”. Tema ini merujuk pada potensi masyarakat nelayan melalui pendekatan sosial budayanya, yang memiliki tradisi yang berkembang di daerahnya masing-masing. Tradisi dengan kekhasannya dapat dijadikan dasar pijakan kreatifitas para pelaku seni

Festival Kesenian Pesisir Utara adalah sebagai upaya pemerintah dalam merespon pembangunan Jalan Lintas Utara (JLU), dengan demikian diharapkan ada keseimbangan pola dan perilaku masyarakat yang terkena dampak pembangunan jalan pesisir utara melalui pembangunan di bidang kebudayaan. (sak)

Agenda Acara:
10 Maret, pukul 19.00 WIB di Alun-Alun Sidoarjo: Festival Pertunjukan Seni Budaya sekaligus pembukaan FKPU. Penampilan Sidoarjo, Pasuruan dan Gresik.
11 Maret pukul 08.00 WIB di Delta Karya Gedung Setda Kab Sidoarjo: Sarasehan Budaya.
11 Maret pukul 19.00 WIB di Alun-Alun Sidoarjo : Festifal Pertunjukan Seni Budaya. Penampilan Sampang, Tuban, Probolinggo, Lamongan, Sumenep, Situbondo dan Pamekasan.
12 Maret pukul 08.00 WIB di Parkir Timur GOR Sidoarjo: Pawai Budaya. Peserta 14 Kab/Kota dan seluruh OPD se-Sidoarjo. Plus Tari kolosal Remo Jenggolo, Campursari Kenanga Indah, Marching Band Taruna AAL Genderang Suling Gita Jala Taruna.
12 Maret pukul 19.00 WIB di Parkir Timur GOR Sidoarjo: Pesta Rakyat 7.500 porsi makanan khas Sidoarjo dan hiburan OM Avita.
12 Maret pukul 19.00 WIB di Alun-Alun Sidoarjo: Festival Pertunjukan Seni Budaya. Penampilan Bangkalan, Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, dilanjutkan Penutupan.

Bagikan artikel ini