Gerakan Tanam Sayur di Kota Tulungagung

Gerakan Tanam Sayur di Kota Tulungagung

Kanti Rahayu, salah satu anggota Rampak Sarinah Tulungagung menginisiasi pelatihan hidroponik di Kelurahan Tamanan, Kec Tulungagung, Kota Tulungagung.

Kegiatan yang berlangsung pada pekan lalu itu dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tamanan dan diikuti 80 ibu-ibu dari 5 RW di kelurahan tersebut.

Pelatihan dibuka Dra Nining Setyawati MM selaku Lurah Tamanan yang menyambut gembira pelatihan tersebut.

“Saya mendukung 100% karena saya pernah mengajak seluruh ketua RW berkunjung ke Kampung Glintung Malang. Alhamdulillah, hari ini Bu Kanti yang tidak ikut pergi mengambil initiatif untuk memulai aksi mewujudkannya,” kata Bu Lurah dengan semangat.

Kanti Rahayu ingin mengajak lingkungannya untuk mengikuti jejaknya bertanam sayur hidroponik hasil pelatihan yang didukung BNI Berbagi pada Juli lalu.

“Saya merasakan manfaatnya, hasil bertanam saya konsumsi sendiri. Para tertangga tertarik, Bu Lurah setuju jadi hari ini saya ajak para ibu untuk punya hobby baru yang bermanfaat ekonomis, bertanam sayur hidroponik,” jelas Kanti Rahayu.

Eva Sundari, penggagas pelatihan urban farming di Tulungagung menimpali, ”Saya bangga dengan pelatihan imbas ini yang digagas Bu Kanti secara mandiri dan swadaya. Saya mendorong para alumni yang lain untuk mengikuti jejak bu Kanti”.

Pada kesempatan itu Eva Sundari yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu menyumbang 100 potongan paralon untuk biopori kepada kepala desa untuk memulai Gerakan Pertanian Kota di Tulungagung.

Bertindak sebagai narasumber Wahyudi, Ketua Koperasi Kelompok Tani Hidroponik Tulungagung. Turut hadir beberapa anggota Rampak Sarinah Tulungagung dipimpin Ketua Rindu Rikat memberikan dukungan moral kepada Kanti Rahayu. (ita)

Bagikan artikel ini