Gojek di Daftar Perusahaan Pengubah Dunia

Gojek di Daftar Perusahaan Pengubah Dunia

Perusahaan transportasi online Gojek mampu masuk dalam daftar perusahaan yang mengubah dunia versi majalah Fortune. Gojek berada di peringkat 17 dari 56 perusahaan yang masuk dalam daftar.

Dilansir dari Fortune, Rabu (13/9), perusahaan ini bisa masuk dalam daftar karena dinilai mampu membantu menaikkan omzet UMKM setelah menjadi mitranya.

Mitra pengemudi yang jumlahnya lebih dari 300 ribu pun dapat menikmati berbagai manfaat kesehatan, asuransi, pelatihan keselamatan, hingga layanan keuangan mikro.

Terdapat tiga penilaian dalam memilih perusahaan dalam daftar tersebut. Penilaian paling utama adalah berdasarkan dampak sosial yang terukur. Penilaian lainnya adalah berdasarkan pada nilai bisnis perusahaan dan tingkat inovasi, sehingga mampu membuat perusahaan lain mengikuti dalam melakukan dampak sosial yang sama.

Daftar “Change the World” ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan dampak sosial yang positif melalui strategi bisnis utamanya. Situs resmi Fortune menyebutkan, daftar diprioritaskan kepada perusahaan dengan pendapatan tahunan di atas 1 miliar USD.

Features Editor majalah Fortune, Matthew Heimer mengatakan, beberapa perusahaan yang masuk dalam daftar ini memang sudah terkenal. Namun, ada beberapa pendatang baru yang tidak kalah berkontribusi untuk permasalahan sosial.

“Kami fokus pada perusahaan yang sukses dengan niat baik menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Ada ribuan perusahaan yang masuk dalam penilaian kami, datang dari berbagai belahan dunia,” ujar Heimer dalam video resmi “Change the World”.

Selain Gojek, perusahaan dunia yang masuk dalam daftar tersebut adalah Apple yang berada di peringkat ketiga. Peringkat pertama ditempati oleh JP Morgan Chase yang bergerak di industri perbankan.

Sejarah Gojek
Gojek didirikan pada tahun 2011. Awalnya gojek melayani lewat panggilan telepon saja. Seperti panggilan pada taksi. Tetapi semakin kesini gojek semakin berkembang dan pada awal tahun 2015 perusahaan ini menghadirkan layanan berbasis aplikasi. Ini lebih memudahkan para pengguna melihat sekarang smartphone seperti menjadi gaya hidup bagi orang perkotaan

Gojek merupakan perusahaan yang hadir mengolaborasikan sumber daya manusia dengan teknologi di dunia transportasi. Hingga kini, Gojek menjadi primadona baik konsumen maupun pengendara ojek konvensional.

Di satu sisi, pengojek pangkalan bisa mendapatkan order penumpang dengan cepat, sedangkan di sisi lain konsumen merasa ada kejelasan terkait tarif rute perjalanan yang selama ini dipatok asal-asalan oleh tukang ojek. (ist)

Daftar 20 Perusahaan Pengubah Dunia versi Fortune:

1. JP Morgan Chase – Industri: perbankan
2. DSM – Industri: produksi makanan
3. Apple – Industri: komputer/IT
4. Novartis – Industri: farmasi
5. LeapFrog Investments – Industri: finansial
6. Ant Financial – Industri: data finansial
7. Walmart – Industri: ritel
8. Toyota Motor – Industri: otomotif
9. Johnson & Johnson – Industri: farmasi
10. Yara – Industri: kimia
11. Levi Strauss – Industri: pakaian
12. SAS – Industri: piranti lunak komputer
13. Bendigo & Adelaide Bank – Industri: perbankan
14. Nestle – Industri: FMCG
15. Tencent – Industri: komputer/IT
16. Vodafone – Industri: telekomunikasi
17. Gojek – Industri: logistik
18. Cemex – Industri: material
19. Centene – Industri: kesehatan
20. Enel – Industri: perlengkapan

Bagikan artikel ini