Gunung Sinabung Meletus (Lagi)

Gunung Sinabung Meletus (Lagi)

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara meletus pada Senin (19/02) pukul 08.53 WIB, letusannya lebih besar dari erupsi sebelumnya menurut petugas Pengamat Gunung Sinabung di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) M Nurul Saori.

Letusan pertama pukul 08.53 WIB cukup kuat sehingga memunculkan semburan awan panas hingga 5.000 meter lebih, lalu disusul beberapa erupsi dengan intensitas lebih rendah menurut Nurul.

“Alat ukur kita sempat error karena cukup tinggi,” kata Nurul mengenai letusan pertama Gunung Sinabung, seperti dikutip Antara.

Semburan awan panas akibat erupsi gunung api tersebut menyebar hingga 4,9 km ke arah selatan dan 3,5 km ke arah timur dan tenggara gunung. Sementara debu vulkaniknya terbang ke arah dan barat sesuai arah tiupan angin saat itu.

Meski erupsinya cukup besar, PVMBG tidak mencatat adanya penambahan pengungsi atau korban. “Situasinya masih aman karena areanya telah steril,” demikian Nurul Asrori.

Meski hingga kini belum ada informasi korban akibat erupsi Gunung Sinabung, pengecekan ke lapangan untuk mengetahui dampak dari erupsi tersebut masih dilakukan oleh Tim Tanggap Darurat ESDM.

Mengikuti letusan ini, durasi awan panas guguran yang terpendek 195 detik dan yang terpanjang mencapai 792 detik. “Dampak dari awan panas guguran ini terpantau masih berada dalam kawasan yang direkomendasikan dikosongkan oleh PVMBG,” ujar Kepala PVMBG, Kasbani.

Kasbani menjelaskan, sebaran abu vulkanik menuju ke arah selatan-baratdaya. Daerah terdampak hujan abu / pasir sampai dengan pukul 12:00 WIB adalah Desa Tiganderket, Desa Selandi Lama, Desa Selandi Baru, Desa Perbaji, dan Desa Payung sampai Munte, dan sektor timur Kecamatan Kutarayat.

Kasbani menyatakan, saat ini koordinasi di lapangan secara langsung terus dilakukan di Pos PGA Sinabung dengan Bupati Karo, BPBD Kab Karo, KaPolres Karo, Dandim Karo, Camat Simpang Empat, Camat Tiganderket, Camat Kutarayat, Dinas Pendidikan & Kebudayan Kab Karo, serta PMI Kab. Karo. (sak)

Bagikan artikel ini