‘Hantu’ Indonesia di Creativillage WCCE

‘Hantu’ Indonesia di Creativillage WCCE

Indonesia dikenal sebagai Negara kesatuan yang kaya akan ragam budaya. Terdiri dari beraneka suku dan ras, kekhasan kuliner ditiap daerahnya, bahasa daerah yang beraneka ragam, serta tak ketinggalan: Hantu.

Ya, hantu!

Hantu khas Indonesia tak kalah menakutkan dibanding hantu di Negara lain. Hal tersebut pun disadari oleh para pengembang gim di Indonesia.

Beberapa studio gim Indonesia telah membuat gim horor yang memasukkan hantu dengan latar khas Indonesia, salah satunya adalah DreadOut.

Gim survival horror yang dikembangkan oleh Digital Happiness dan rilis pada Mei 2014 lalu ini menjadi pendobrak gim genre horor di Indonesia.

DreadOut pun sukses besar dan beberapa kali menjadi yang pertama di industri gim Indonesia. Pertama kali sukses dalam crowdfunding di IndieGogo, pertama kali lolos Steam Greenlight (sekarang berganti menjadi Steam Direct) dan akhirnya rilis di Steam adalah beberapa di antaranya.

Kini, gim ini diunduh lebih dari 270.000 kali (berdasarkan data SteamSpy). Belum termasuk DLC-nya, Keepers of the Dark yang juga sukses terjual lebih dari 150.000 kopi.

Sukses dengan DreadOut, pengembang gim asal Bandung ini kemudian merilis gim horor terbaru, berjudul DreadEye. DreadEye adalah gim horor dengan teknologi virtual reality, atau VR.

Jika DreadOut berkisah tentang sekelompok siswa SMA yang tersesat hingga menemukan sebuah kota tua yang sepi, DreadEye berkisah tentang seorang dukun yang akan melakukan sejumlah ritual-ritual ganjil, hingga membuka gerbang dimensi dan berkomunikasi dengan makhluk-makhluk halus.

Tak hanya DreadEye, satu lagi gim horor asal Bandung yang mendunia adalah Ghost Parade. Gim hasil karya Lentera Nusantara Studio ini berhasil menembus kancah internasional melalui event (B2B) Game Connection America 2018 di San Francisco, Amerika Serikat pada 19-21 April 2018 lalu.

Melalui event Internasional tersebutlah, Bekraf sukses memperkenalkan Ghost Parade kepada Aksys Game. Pada 2019 mendatang, Aksys Game akan merilis Ghost Parade di seluruh dunia melalui berbagai platform, seperti diantaranya Nintendo Switch, PlayStation4, dan PC via Steam.

Berbeda dengan 2 gim lainnya, Ghost Parade bercerita tentang sosok hantu anak perempuan bernama Suri yang berusaha ingin pulang ke asalnya.

Untuk menyelesaikan permainannya, Suri berpetualang mencari jalan keluar yang akan dipandu oleh teman-teman karakter hantu lainnya.

Namun, dengan syarat Suri harus membantu hantu lain tersebut untuk merebut kembali hutan dari tangan manusia. Penasaran? Kalian bisa temukan DreadEye & Ghost Parade di WCCE 2018! (sak)

Bagikan artikel ini