Ada ICU Canggih Rumkital Dr Ramelan
KESEHATAN PERISTIWA

Ada ICU Canggih Rumkital Dr Ramelan

Ada yang istimewa dari Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr Ramelan di Surabaya. Satu dari rumah sakit tipe A di Jawa Timur memiliki Intensive Care Unit (ICU) dengan total 52 bed dan peralatan tercanggih.

“Alhamdulillah, untuk saat ini, iya. ICU kami yang baru dengan 23 bed peralatannya terbaru dan tercanggih,” kata Kepala Rumkital Laksamana Pertama TNI IDG Nalendra Djaya Iswara SpB SpBTKV pada wartawan, Jumat (14/9).

Ruang ICU baru dengan 26 ventilator menelan biaya Rp 29 miliar tersebut murni investasi dan pendapatan Rumah Sakit. Fasilitas terbaru dari rumah sakit yang berlokasi di jalan Gadung Surabaya resmi dioperasionalkan pada 10 September 2018 lalu. Penambahan fasilitas baru yang berdiri diatas tanah seluas 696m2 difungsikan untuk pasien pasca operasi dan dalam kondisi kritis.

Pada kesempatan itu, Nalendra yang didampingi sejumlah Kepala Departemen Rumkital Dr Ramelan mengatakan, adanya ICU baru diharapkan bisa memperkencil penolakan pasien dalam kondisi khusus. “Ketika kami punya 29 ICU hampir tiap hari kami terpaksa menolak pasien kiriman dari berbagai daerah,” papar mantan dokter kepresidenan.

Semoga, katanya lebih lanjut, fasilitas terbaru dari rumah sakit yang dipimpinnya tersebut bisa memperkecil penolakan terhadap pasien yang membutuhkan. Yang menarik, dari kunjungan awak media ke ICU terbaru diisi oleh mayoritas pasien BPJS dengan kasus cukup parah.

Ketika ditanya apakah ada perbedaan pelayanan antara pasien umum dengan BPJS, dr Nalendra menampik secara tegas. “Tidak ada perbedaan sama sekali. Semua mendapatkan pelayanan sama. Untuk perawatan di ICU pasien BPJS tidak ada tambahan biaya,” katanya seraya menunjukkan salah satu pasien BPJS dalam kasus minuman keras oplosan kiriman dari daerah yang cukup parah.

Hadirnya fasilitas paling baru dari Rumkital Dr Ramelan menjadikannya sebagai rumah sakit di kawasan Indonesia timur yang memiliki ICU dengan bed terbanyak. (ita)