Indonesia Juara Asean Para Games 2017

Indonesia Juara Asean Para Games 2017

Sebanyak 196 atlet dan 82 pelatih dan ofisial National Paralympic Committee (NPC) tiba di Bandar Udara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/9). Para atlet Paragames baru saja usai berlaga di ajang Asean Para Games 2017 yang di selenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia, 17 hingga 23 September 2017.

Atlet Paragames Indonesia berhasil mengharumkan dan mengangkat harkat dan martabat bangsa dengan berhasil menjadi juara umum dengan meraih 126 medali emas, 75 medali perak dan 50 medali perunggu atau selisih 36 medali emas dengan tuan rumah Malaysia yang berada di posisi kedua.

Menpora menyampaikan gelar juara umum ini merupakan kebanggaan dan prestise bagi bangsa Indonesia. “Karenanya dengan gelar juara umum ini semuanya harus lebih dipacu lagi, lebih dihormati dan dihargai untuk menyongsong Asian Para Games 2018,” ucap Menpora di sela-sela pengalungan bunga.

Terkait bonus Menpora tegaskan pemerintah akan memberikan bonus yang sama dengan atlet berprestasi pada Asean Games 2017. “Terkait bonus sama dengan atlet SEA Games seperti yang pernah diberikan untuk olimpian dan paralimpian, pemerintah tidak lagi akan bersikap diskriminasi,” tuturnya.

Status PNS

Pemerintah menurutnya, akan terus berkomitmen mendukung penuh perjuangan atlet Indonesia termasuk dukungan kepada atlet disabilitas dimana kesetaraan yang menjadi hak atlet termasuk pemberian bonus, fasilitas dan sebagainya akan di terus disamakan.

“Presiden Joko Widodo terus mewanti-wanti persamaan hak ini sejak SEA Games Singapura beberapa tahun lalu, komitmen Bapak Presiden Joko Widodo ini mari kita kawal bersama,” ucap Menpora.

Menpora Imam Nahrawi saat ini sedang memperjuangkan agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi bonus baru bagi atlet berprestasi baik di SEA Games dan Asean Paragames.

“Saya berharap persyaratan PNS untuk atlet berprestasi Asean Paragames tidak disamakan dengan yang biasa karena atlet adalah pejuang bangsa, semoga Kementerian PAN RB yang memiliki kebijakan akan mendengar hal ini,” harapnya.

Menpora tegaskan bonus ini bukan tujuan melainkan merupakan tambahan semangat atlet untuk terus meningkatkan prestasi lebih tinggi khususnya menjelang Asian Paragames 2018 Jakarta.

“Semoga prestasi membanggakan ini bisa kita raih kembali saat kita menjadi tuan rumah Asian Paragames 2018 di Jakarta-Palembang, selamat berjuang,” tegasnya.

Presiden NPC Senny Marbun menambahkan gelar juara umum menurutnya pasti bisa diraih dengan berbagai alasan yang logis. “Sebelum atlet berangkat ke Malaysia saya katakan kalian pasti bisa juara umum karena itungan target dan limit lawan telah banyak kita lampaui terlebih banyak rekor baru dipecahkan,” tuturnya. (sak)

Bagikan artikel ini