Indonesia Raih “UNECSO Prize for Girls”

Indonesia Raih “UNECSO Prize for Girls”

Indonesia dan Zimbabwe memenangkan UNESCO Prize for Girls and Women Education yang pertama kali diberikan oleh badan PBB yang mengurusi pendidikan keilmuan dan kebudayaan (UNESCO) dan didanai pemerintah Tiongkok.

Penghargaan ini diberikan atas inovasi luar biasa baik yang dilakukan individu, lembaga maupun organisasi untuk memajukan pendidikan anak perempuan dan wanita.

Atas kemenangan itu, Indonesia dan Zimbabwe masing-masing menerima penghargaan sebesar 50.000 USD, untuk melanjutkan pekerjaan di bidang pendidikan tersebut.

Pemenang dipilih oleh Direktur Jenderal UNESCO atas dasar rekomendasi juri internasional, terdiri dari lima ahli di bidang pendidikan anak perempuan dan wanita.

Duta Besar/Deputi Wakil Tetap Indonesia untuk UNESCO TA Fauzi Soelaiman kepada media mengatakan Indonesia bangga menerima penghargaan ini.

Jerih payah yang telah dilakukan Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud dibawah Direktur Ella Yulaelawati akhirnya dihargai UNESCO.

Indonesia telah memenangkan tiga penghargaan UNESCO yaitu King Sejong Literacy Prize pada 26 September 2012, UNESCO-Japan Prize for Education for Sustainable Development pada 4 November 2015 dan UNESCO Prize for Girls and Women Education ini.

Menurut Fauzi, penghargaan ini diadakan pertama kali dibawah dukungan Tiongkok sehingga penghargaan akan disampaikan di Beijing pada 3-8 Juni 2016, didahului dengan sebuah seminar internasional tentang pendidikan perempuan pada 4-7 Juni. (sak)

Bagikan artikel ini