Indonesia Tambah 24 Unit Pesawat F-16

Indonesia Tambah 24 Unit Pesawat F-16

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) resmi menerima 24 unit pesawat tempur F-16 C/D dari Amerika Serikat. Pesawat F-16 C/D tersebut merupakan pesawat modern berteknologi canggih yang diharapkan dapat meningkatkan kesiapan TNI AU dalam mengawal kedaulatan NKRI.

Penyerahan ditandai tabatangan berita acara serah terima dari Kabaranahan Kementerian Pertahanan Laksda TNI Agus Setiadji kepada Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono, dan selanjutnya diserahkan kepada Aslog Kasau Marsda TNI Eko Supriyanto, Rabu (28/2) di Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Madiun.

Serah terima disaksikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Hadir pula Kasad, Kasau serta sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan dan undangan lainnya.

24 Unit Pesawat F-16 tersebut rencananya akan ditempatkan di Skuadron Udara 16 Lanud Pekanbaru sebanyak 16 unit, sedangkan 8 unit lagi akan ditempatkan di Skuadron Udata 3 Lanud Iswahyudi.

Menteri Pertahanan dalam sambutannya mengatakan, penyerahan pesawat F-16 C/D merupakan bagian integral dari perwujudan gelar pertahanan negara Smart Power guna menghadapi berbagai dimensi ancaman nyata dan belum nyata yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan NKRI.

“Pesawat F-16 C/D ini juga merupakan pesawat modern berteknologi canggih, sehingga kehadirannya juga diharapkan dapat memperkuat kemampuan jajaran TNI AU yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan dan kewibawaan NKRI”, tambah Menhan.

Selanjutnya sebagai pertanggungjawaban kepada Rakyat, Menhan meminta kepada Panglima TNI beserta staf dan seluruh prajurit untuk merawat dan memelihara Alutsista modern yang berkemampuan dan berteknologi tinggi tersebut agar pesawat – pesawat tersebut memiliki usia pakai yang optimal.

“Pahami pengoperasian Pesawat F-16 ini secara tepat dan benar serta melaksanakan tugas serta melaksanakan latihan secara rutin, bertahap dan berlanjut guna menambah jam terbang dan meningkatkan profesionalisme prajurit”, pesan Menhan.

Sementara itu kepada Pemerintah Amerika Serikat, Menhan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik melalui program Program Management Office (PMO) sehingga pengiriman 24 unit pesawat F-16 C/D dapat berjalan baik. Hal ini merupakan wujud konkret komitmen kemitraan strategis Indonesia dan Amerika Serikat yang perlu terus dipelihara dan ditingkatkan.

Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr yang juga hadir mewakili Pemerintah Amerika Serikat menyampaikan ucapan selamat kepada TNI atas moment yang bersejarah tersebut. Amerika Serikat merasa bangga menjadi mitra kerja sama militer terbesar bagi Indonesia.

Penambahan 24 unit F-16 dari Amerika Serikat akan melengkapi 10 unit F-16 yang telah Indonesia miliki sebelumnya. “Ini menunjukan kemitraan strategis kedua negara semakin kokoh dan berkembang”, ungkap Dubes AS untuk Indonesia.

Dikatakannya, kemitraan kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dan Amerika Serikat menjadi kuat dan akan terus bertambah kuat seiring dengan upaya kedua negara untuk menjaga keamanan, stabilitas di kawasan Indo Pasific. (sak)

Bagikan artikel ini