Ini Pemenang Food Startup Indonesia

Ini Pemenang Food Startup Indonesia

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengumumkan tiga pemenang Food Startup Indonesia (FSI) 2018 di Ballroom Hotel Ciputra World Surabaya.

FSI adalah platform yang mempertemukan wirausaha pemula sekaligus pengusaha rintisan (startup) dengan investor yang ada di masyarakat.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo menuturkan, pihaknya mendesain FSI 2018 pada awalnya untuk memberikan sebuah platform yang bisa dimanfaatkan pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan akses permodalan.

“Ini juga edukasi untuk investor terkait cara berinvestasi pada sub sektor kuliner. Mengingat ekonomi kreatif adalah nomenklatur baru yang memiliki aset intangible dan belum dipahami oleh semua orang,” tutur Fadjar Hutomo.

Ditabahkan bahwa finalis FSI 2018 tetap harus optimis dan berbesar hati meskipun tidak menjadi juara FSI 2018 maupun 10 besar FSI 2018.
93 startup kuliner yang tergabung pada FSI 2018 telah masuk di radar investor. Peluang mereka untuk scale up lebih besar.

30 startup kuliner berkompetisi pada Final FSI 2018 dengan pitching dihadapan juri dan investor. Mereka berlomba meyakinkan juri dan investor bahwa bisnis mereka layak untuk diinvestasi.

10 startup kuliner terbaik pilihan juri dari 30 startup yang pitching yaitu Chicken Crush (Yogyakarta), Comed (Jakarta), Daily Noodle (Bali), Dendeng Raden (Yogyakarta), Kiwae (Yogyakarta), Momchips (Batu), nDalem Cokelat (Yogyakarta), Rosalie Cheese (Bali), dan Tempe Krezi (Bandung).

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo; Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simandjuntak; serta perwakilan mentor dan investor, Mohamed Salim dari Salim Group, Yustinus Agung dari Foodlab Indonesia, dan George Siregar dari Orbit Ventura menetapkan tiga pemenang FSI 2018.

Tiga pemenang FSI 2018 secara berututan yaitu:
Comed (Jakarta) yaitu keripik comro bumbu shaker
Tempe Krezi (Bandung) yaitu camilan tempe
Rosalie Cheese (Bali) yaitu keju yang terbuat dari susu kambing dan sapi.

Ketiga pemenang mendapatkan prioritas promosi pada acara yang dihadiri Bekraf di level nasional dan internasional.

FSI yang telah digelar tiga kali sebagai acara tahunan sejak 2016 ini telah memiliki 243 alumni yang mengikuti demoday dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. (sak)

Bagikan artikel ini