Isi Liburan Belajar Bersama Maestro

Isi Liburan Belajar Bersama Maestro

Untuk kedua kalinya, Kemendikbud menggelar kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) bagi pelajar SMA/SMK kelas X dan XI belajar dan tinggal bersama maestro kebudayaan selama liburan sekolah.

Ada tiga cara untuk mendaftar. Pertama, siswa mendaftar secara daring atau online dengan mengisi form di bbm.kemdikbud.go.id. Kedua dengan penunjukkan langsung sekolah. Kemudian cara ketiga cara manual, yaitu mengisi formulir yang disampaikan atas permintaan sekolah.

Cara manual dilakukan dengan melampirkan berkas yang diperlukan dan dikirimkan ke Subdit Pembinaan Tenaga Kesenian, Direktorat Kesenian Kemendikbud. Pendaftaran manual ini harus melampirkan rekomendasi dari kepala sekolah.

Direktur Kesenian Kemendikbud, Endang Tjaturwati mengatakan, hingga saat ini sudah ada 143 peserta yang mendaftar untuk kegiatan BBM.

BBM tahun lalu terdapat sekitar 80 peserta yang lolos seleksi dan berhak mengikuti kegiatan BBM selama 10 hari. Tahun ini, target peserta ditingkatkan menjadi 150 orang.

Siswa yang mendaftar menjadi peserta BBM setidaknya sudah harus memiliki basic atau latar belakang bidang seni yang digeluti, sesuai dengan bidang maestro masing-masing.

“Sulit dalam waktu hanya 10 hari kalau belajar dari basic lagi. Anak-anak harus mempunyai minta dan bakat dahulu. Nanti akan berkembang lagi selama 10 hari dalam BBM,” tuturnya di Kantor Kemendikbud, Jakarta.

Dalam BBM 2016 ada 10 maestro yang akan terlibat, yaitu Amaq Raya, Sirajul Huda, Nano Riantiarno dan I Made Sidia. Keempatnya adalah maestro seni pertunjukan.

Lalu ada Ni Ketut Arini, Temu Misti dan Tom Ibnur. ketiganya adalah maestro seni tari. Ada dua nama maestro seni musoik, yaitu Djaduk Ferianto dan Sundari Soekotjo. Terakhir Putu Sutawijaya maestro seni rupa.

Sanggar atau lokasi para maestro tersebut berada di Jakarta, Yogyakarta, Banyuwangi, Denpasar, Banjarbaru, Lombok dan Jambi. (sak/foto kemendikbud.go.id)

Bagikan artikel ini

One Comment - Write a Comment

Comments are closed.