ITS Terima 1.150 Calon Mahasiswa SNMPTN

ITS Terima 1.150 Calon Mahasiswa SNMPTN

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 telah diumumkan secara serentak, Selasa (17/4) pukul 17.00 WIB.

Berdasarkan pengumuman tersebut, dari 13.003 pendaftar jalur SNMPTN di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, sebanyak 1.150 pendaftar dinyatakan diterima di berbagai departemen yang ada.

Kasubdit Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolahan Kuliah Bersama ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng, mengatakan bahwa siswa yang diterima pada tahun ini lebih banyak dari tahun lalu.

“Pada tahun lalu, siswa yang diterima dari jalur SNMPTN di ITS sebanyak 1.059 pendaftar, tahun ini meningkat menjadi 1.150 pendaftar,” ungkapnya.

Dijelaskan Machmudah, yang dimaksud pendaftar di sini adalah siswa yang mendaftarkan diri ke ITS, sedangkan peminat adalah jumlah minat pada jurusan atau departemen yang ada di ITS. Jadi satu orang pendaftar bisa menjadi peminat lebih dari satu departemen di ITS.

Dari data yang ada, peminat departemen-departemen di kampus ITS pada SNMPTN kali ini juga meningkat. “Tahun lalu dari jalur SNMPTN di ITS hanya ada 11.573 peminat, tahun ini menjadi 20.617 peminat,” sambungnya.

Machmudah mengatakan, sebab kenaikan peminat kampus ITS pada tahun ini dikarenakan kualitas kampus ITS yang semakin meningkat semenjak berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Selain itu, juga dikarenakan semakin banyaknya prestasi yang dihasilkan kampus ITS dan alumni yang banyak diterima kerja oleh beberapa perusahaan terkenal. “Hal ini mendongkrak animo, khususnya calon mahasiswa baru untuk memilih ITS,” terangnya.

Machmudah juga memaparkan, untuk tahun ini departemen yang menerima mahasiswa baru terbanyak dari jalur SNMPTN ini adalah Teknik Elektro. “Pada tahun lalu, departemen yang paling banyak menerima mahasiswa baru adalah Teknik Informatika, namun tahun ini dipegang Teknik Elektro sebanyak 73 orang ,” ujar dosen Teknik Kimia ITS ini.

Untuk regional terbanyak, Machmudah menerangkan bahwa Jawa Timur sebagai regional terbanyak jumlah mahasiswa yang diterima pada tahun ini. Dari keseluruhan pendaftar SNMPTN ITS, sebanyak 2.343 pendaftar melalui jalur Bidikmisi. Dari jumlah pendaftar Bidikmisi tersebut, yang berhasil diterima sebanyak 146 pendaftar.

“Tahun lalu yang diterima dari Bidikmisi sebanyak 209 orang dari SNMPTN, pada tahun ini ITS hanya menerima 146 orang,” pungkas dosen yang menempuh gelar doktornya di Kumamoto Univesity, Jepang ini. (ita)

Bagikan artikel ini