Jatim Terbaik Penanganan Bencana

Jatim Terbaik Penanganan Bencana

Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya memberikan penghargaan terbaik kepada Pakde Karwo karena benar-benar mampu menanggulangi bencana dengan baik dan cepat. Selain itu mempedulikan Tagana, baik melalui kebijakan yang dituangkan lewat Pergub maupun memberikan anggaran untuk kesejahteraan Tagana.

“Kami memberikan penghargaan ini karena prestasi Gubernur Jatim yang mendukung Tagana dengan luar biasa, seperti membentuk sembilan titik KSB sejak 2010, menyiapkan lumbung sosial, pemberian lauk pauk, honor, setiap tahun memberi 300 stel seragam PDH dan PDL kepada Tagana, dan memberikan bantuan stimulan pada eks korban bencana,” ucapnya.

“Bukti konsistensi dan kepedulian Pakde Karwo dalam membina Tagana juga dibuktikan saat Jambore Tagana di Balikpapan, Kalimantan Timur pada bulan September 2016 lalu dimana kontingen Tagana Jatim berhasil menyabet Juara Umum. Semoga prestasi Jawa Timur ini menginspirasi provinsi dan kabupaten/kota lain untuk serius dalam membina Tagana,” ujarnya.

Ditambahkan, salah satu alasan penting pemerintah membina Tagana karena pemerintah dan masyarakat membutuhkan bantuan Tagana dalam menanggulangi bencana dengan cepat dan baik. Apalagi menurut BNPB, terdapat 323 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia yang rawan bencana.

“Tahun 2016, setidaknya ada 2.171 kejadian bencana di Indonesia, dengan korban meninggal dunia sebanyak 567 orang, dan 489 mengalami luka berat. Tagana berperan besar dalam membantu pemerintah menanggulangi bencana, saat ini sudah ada 29.734 Tagana dan 600 sahabat Tagana yang siap membantu kita semua. Terima kasih Tagana yang sudah membantu dengan ikhlas dan bekerja keras dan cepat dalam menanggulangi bencana,” katanya.

Selain kepada Jatim, penghargaan Pembina Tagana Berprestasi Tahun 2017 juga diberikan Mensos kepada empat provinsi lainnya, yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Gorontalo, dan Jawa Barat.

Dalam kesempatan sama, dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama antara ke lima Pemprov. dengan Mensos tentang Perlindungan Sosial dalam Penanggulangan Bencana.

Berbagai kegiatan mengisi acara HUT ke-13 Tagana di Pulau Pramuka diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis, pengecatan fasilitas umum, penanaman mangrove, aksi bersih pantai dan pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, pemberian alat bantu bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial, dan pelepasan anak penyu ke lautan. (sak)

Bagikan artikel ini