Kerukunan Menjadi Kunci Sukses Jatim
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Kerukunan Menjadi Kunci Sukses Jatim

Terpeliharanya kerukunan antara pemerintah, DPRD, TNI, Polri, swasta, serta seluruh lapisan masyarakat menjadi kunci sukses kemajuan Jawa Timur. Masing-masing elemen tersebut mampu berkontribusi sesuai kompetensinya serta saling berkolaborasi demi mendorong terwujudnya kelancaran pembangunan di Jatim.

Hal itu disampaikan Gubernur Jatim Soekarwo saat Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka memperingati HUT ke-72 Provinsi Jawa Timur di halaman Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya, Jumat (27/10) malam.

Pakde Karwo, sapaan akrab gubernur mengatakan, berkat kerukunan yang terjaga dengan baik, situasi di Jatim menjadi aman, nyaman, dan kondusif. Imbasnya, pembangunan di Jatim berjalan dengan lancar, perekonomian tumbuh dengan stabil, sehingga kesejahteraan masyarakat kian meningkat.

Kinerja positif itu pun mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah pusat dimana Jatim ditahbiskan sebagai provinsi paling baik se-Indonesia pada tahun 2010 sampai dengan 2012, kemudian pada tahun 2013 sampai dengan 2015. Prestasi itu mengantarkan Jatim dua kali menerima penghargaan Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha, yakni pada tahun 2014 dan 2017.

Adapun Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha adalah penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat kepada institusi pemerintah daerah atau organisasi yang menunjukkan karya tertinggi pelaksanaan pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat selama tiga tahun berturut–turut.

“Apa rahasia keberhasilan Jatim? Jawabannya adalah rukun. Tidak ada yang merasa kecil atau besar, dibawah atau diatas. Masyarakat kita saling bahu-membahu dan bersama-sama mendorong kemajuan Jatim,” kata Gubernur kelahiran Madiun ini.

Pakde Karwo berharap, penghargaan Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha dapat terus dipertahankan oleh Gubernur Jatim yang baru pada 2020 mendatang. “Mari kita terus menjaga kerukunan ini agar Jatim semakin sejahtera dan adem, seperti hujan yang turun malam ini,” pesannya. (sak)