Kolaborasi Gerakan Nasional Literasi

Kolaborasi Gerakan Nasional Literasi

Gerakan Nasional Literasi Digital yang didukung Kementerian Komunikasi dan Informasi kembali mengajak masyarakat dan komunitas merayakan semangat dan kreasi konten positif di dunia maya lewat SiBerkreasi Netizen Fair 2017.

Festival ini digelar 27-28 Oktober 2017 lalu di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Gerakan Nasional Literasi Digital berangkat dari kegelisahan berbagai elemen masyarakat terhadap besarnya ancaman bahaya penyebaran konten negatif jika tidak dikelola dengan tepat.

Seluruh konten negatif seperti hoax, hate speech, cyberbullying dan online radicalism ini berpotensi dikonsumsi oleh pengguna internet yang 80% di antaranya anak muda berusia 10-29 tahun dan 30 juta di antaranya adalah anak-anak.

Menkominfo Rudiantara mengatakan penanganan konten negatif di Indonesia bukan hanya dilakukan oleh pihaknya saja. Dalam hal ini, semua harus turut serta untuk membesarkan volume penanggulangan konten negatif.

BLANJA.com yang 80% karyawannya terdiri dari anak muda berusia dibawah 30 tahun sependapat dengan pernyataan Menkominfo bahwa gerakan menyebarkan konten positif perlu kolaborasi banyak pihak.

Anak muda sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat berkontribusi terhadap gerakan ini, minimal dengan tidak ikut menyebarkan konten negatif serta memverifikasi pemberitaan.

“Generasi muda harus bijak dalam menyebarkan konten yang ada di Internet, karena kita membutuhkan lebih banyak lagi berita baik untuk memberikan ‘image positif’ di mata dunia” Ujar Rieka Handayani selaku Head of Public Relations Blanja.com.

Rieka menambahkan, tidak menyebarkan konten negatif sudah menjadi concern kami dari dulu. Managemen menganggap penting hal tersebut, maka secara regular memberikan arahan dan himbauan pada karyawan untuk lebih bijak dalam menggunakan akun social medianya. “Karena bagaimanapun setiap individu dari kami membawa nama besar Blanja.com,” terangnya.

Blanja.com adalah E-commerce marketplace yang merupakan perusahaan usaha patungan (joint venture) antara PT Telkom Indonesia dengan eBay Inc. Menginspirasi dan mengembangkan ekonomi digital adalah semangat Blanja.com.

Blanja.com bermitra dengan lebih dari 25.000 wirausaha dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pemilik merek untuk menghadirkan lebih dari 500 juta produk sekaligus akses yang membawa produk retail unggulan UMKM di seluruh Indonesia ke pasar internasional.

Memberikan nilai tambah serta kontribusi guna memperkuat ekosistem e-commerce adalah komitmen Blanja.com. Melalui sinergi bersama BUMN, Blanja.com tidak hanya wadah bagi pembeli dan penjual untuk berdagang online namun merupakan satu-satunya E-commerce BUMN yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen tanpa batas. (sak)

Bagikan artikel ini