Kuliner Serang Lengkapi Pesona Mudik

Kuliner Serang Lengkapi Pesona Mudik

Selain memiliki alam yang eksotis, serta budaya yang keren, Kota Serang juga dilengkapi dengan #PesonaKulinerLebaran2018 yang nikmati. Namun, posisinya yang dekat dengan ibukota Jakarta membuat Serang bukan hanya kaya akan kuliner tradisional. Menu kekinian juga ada.

Makanya mereka yang ikut #PesonaMudik2018 tidak perlu ragu untuk mampir di Serang. “Serang termasuk kota yang akan sibuk saat mudik. Namun, mereka memiliki sesuatu untuk ditawarkan ke pemudik. Salah satunya lewat kuliner. Pemudik yang melintasi serang pasti akan merasa nyaman, karena kulinernya sangat bisa memanjakan lidah,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Buat kalian agar tidak bingung, berikut #10TopKulinerLebaran di Serang yang bias disinggahi saat mudik nanti.

RM Taktakan Soup Ikan
RM Taktakan Soup Ikan Serang menyajikan menu ikan yang sangat beragam. Seperti Ikan kakap, gurame, patin, tongkol dan lainnya. Menu andalan rumah makan ini adalah Soup Kepala Ikan yang terkenal gurih dan segarnya.

Untuk singgah di RM Taktakan sangat mudah karena rumah ini berada di pinggir jalan Alun-alun Kota Serang tepatnya di Jalan Yusuf Martadilaga, Kota Serang.

Rabeg H Naswi Magersari
Berkunjung ke Kota Serang tidak afdol kalau tidak mencicipi Rabeg, kuliner khas Banten. Rabeg merupakan salah satu kuliner khas Banten selain Sate Bandeng. Rabeg adalah hidangan wajib di istana pada masa Kesultanan Banten. Makanan ini berbahan dasar daging kambing dan mempunyai citarasa manis yang gurih dan sedikit pedas.

Rumah makan legendaris yang menyajikan rabeg ini adalah Rabeg Khas Serang H. Naswi Magersari yang berada di Jalan Mayor Syafei No 30 Kota Serang. Rumah makan ini menyajikan rabeg yang diolah dengan resep tradisional turun temurun.

Nasi Sumsum Bakar Mang Puri
Nasi sumsum bakar merupakan kuliner khas yang unik dan sangat digemari. Nasi yang dibungkus daun pisang lalu dibakar ini akan menghasilkan aroma kelezatan yang luar biasa dari sumsum serta bumbunya.

Di Kota Serang yang paling terkenal karena kelezatannya adalah Nasi Sumsum Bakar Mang Puri. Rumah makan ini tidak pernah sepi dikunjungi pecinta kuliner yang menggemari nasi sumsum bakar.

Nasi Sumsum Bakar Mang Puri berada di Jl. Kapten Swardo No 15B Kotabaru. Tidak jauh dari Alun-alun Kota Serang. Atau, berada di kawasan Pasar Lama.

Sate Bandeng Ibu Aliyah

Berwisata ke Kota Serang tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba Sate Bandeng. Inilah kuliner khas Serang yang berbahan dasar ikan bandeng segar. Serta dibalut santan kelapa yang dibumbui dengan ketumbar, gula merah, asam jawa dan bumbu lainnya.

Salah satu penyedia Sate Bandeng terkenal di Kota Serang adalah Ibu Aliyah yang berlokasi di Jalan Semaun Bakri RT 01/RW 01, Lopang Gede, Kota Serang.

Rumah Makan Ibu Entin
Rumah makan yang sangat ramai setiap harinya ini berlokasi di Jl. Raya Serang-Pandeglang KM 4, Karundang, Cipocok Jaya, Kota Serang. RM Ibu Entin merupakan favorit warga dan wisatawan dan merupakan destinasi wisata kuliner legendaris dari Banten.

Menu seafood khas adalah andalan dari rumah makan ini. Pengunjung bisa memilih meja atau lesehan di belakang rumah makannya.

Nasi Timbel Alam Sari
Menu-menu masakan khas sunda seperti nasi timbel, ikan peda, sayur asam, dan lain-lain menjadi menu utama dari rumah makan ini. Buat yang menginginkan menu lain, rumah makan ini menawarkan gurame tepung goreng, udang bakar madu, dan menu khas lain.

Suasana rumah makan yang terletak di tengah persawahan semakin menambah nuansa pedesaan yang asri. Rumah makan yang cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No 8, Panancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang.

RM Ibu Haji Ciganea
Rumah makan Ibu Haji Ciganea berlokasi di Jalan Yusuf Martadilaga. Rumah makan ini menyediakan aneka masakan Sunda. Lengkap dengan lalap dan sambal terasi sebagai ciri khasnya. Menu spesial lain yang banyak digemari adalah ikan mas goreng, ayam goreng, pepes ikan dan menu lain yang tidak kalah khas dan menarik.

Rumah makan Ibu Haji Ciganea sangat digemari. Rumah makan ini mempunyai ciri khas racikannya sendiri. Yang pasti berbeda dengan rumah makan yang lain.

Saung Liwet Bancakan
Rumah makan yang baru naik daun dengan suasana pedesaan yang sangat kental ini mengusung konsep yang spesial yaitu konsep bancakan. Di masyarakat Sunda, bancakan adalah makan berbarengan beramai-ramai dengan menggunakan tampah. Konsep tradisional ini yang sangat digemari oleh pengunjung rumah makan.

Saung Liwet Bancakan berlokasi di Jalan TB Suwandi, Ciracas, Kota Serang tidak jauh dari Alun-alun Kota Serang sehingga pengunjung akan sangat mudah menemukan lokasinya.

Bebek Pak Ndut Serang
Para pecinta bebek dapat mengunjungi rumah makan Bebek Pak Ndut Serang sebagai solusinya. Masakan bebek disini sangat gurih dan dipadukan dengan sambal yang menggugah selera. Bebek Goreng Pak Ndut mempunyai banyak varian menu dan sambal. Selain bebek goreng juga ada ayam goreng untuk pilihan Anda yang menyukai masakan ayam.

Bebek Goreng Pak Ndut Serang berada di Jalan Ki Ajurum No 10, Cipocok Jaya, Kota Serang dan berada di pinggir jalan besar yang sangat mudah dijangkau oleh Anda.

Rumah Makan Sunda Asli Laksana
Rumah makan ini merupakan salah satu penyaji menu masakan khas Sunda yang terbaik di Indonesia. Menu-menu Sunda seperti masakan ikan, sayur asam, dan lain-lain menjadi menu yang tidak terlewatkan di rumah makan ini. Penyajian yang khas Sunda juga makin menguatkan nuansa tradisionalnya.

Rumah Makan Sunda Asli Laksana berlokasi di Jalan Ahmad Yani No 148B Sumurpecung, Kota Serang tidak jauh dari Pintu Tol Serang Timur sehingga mudah dijangkau oleh para pecinta masakan Sunda khususnya. (ist)

Bagikan artikel ini