Langsung ke Manado, Buka Kongres GMNI

Langsung ke Manado, Buka Kongres GMNI

Pembangunan selalu menyasar Pulau Jawa, kini orientasi pemerintah sudah berubah. Presiden Jokwo Widodo mengatakan pembangunan di luar Jawa juga menjadi prioritas pemerintah.

“Selalu bangun Jawa. Kenapa sekarang di luar Jawa. Supaya ada keadilan dari Sabang sampai Merauke,” ujar Presiden Jokowi saat membuka Kongres ke-XX Gerakan Nasional Mahasiswa Indonesia (GMNI) di Graha Gubernuran, Bumi Beringin Manado, Rabu (15/11).

Ada kedomplangan antara pembangunan di Bagian Tengah dan Barat dengan Indonesia Bagian Timur. “Domplang sekali. Sebab itu dibangun jalan Trans papua untuk perkembangan Papua,” sebut Jokowi.

Pembangunan saat ini harus berdasarkan keadilan. Dulu pemerintah mensubsidi bahan bakar minyak Rp 300 triliun. Sekarang anggaran itu dialihkan untuk membangun infrastruktur.

“Infrastruktur mutlak diperlukan untuk bersaing dengan negara lain. Barang-barang bisa diangkut pelabuhan selesai dibangun, pembangkit listrik selesai menguatkan ekonomi,” kata Jokowi.

“Kita bangun Trans Sumatra untuk apa? Tol Manado- Bitung untuk apa? Balikpapan kita bangun, airport dibangun untuk apa? Supaya kita bisa bersaing di era persaingan saat ini,” ungkapnya.

Presiden Jokowi hadir di Manado usai mengikuti KTT APEC di Da Nang, Vietnam dan KTT ke-31 ASEAN di Manila, Filipina.

Tepat pukul 00.20 WITA, Rabu (15/11) dini hari, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara.

Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Dari bandara, Presiden dan Ibu Iriana menuju hotel tempat menginap selama berada di Manado. (sak)

Bagikan artikel ini