Lebih Banyak Egy Baru ke Luar Negeri

Lebih Banyak Egy Baru ke Luar Negeri

Presiden Joko Widodo berharap keberhasilan pesepakbola nasional Egy Maulana Vikri menembus klub Eropa, dengan mendapatkan kontrak dari klub Lechia Gdansk, Polandia, akan disusul dengan pemain Tim Nasional Indonesia yang lainnya.

Mengenakan baju batik berwarna hijau, Egy yang datang satu mobil dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tiba di kompleks Istana sekitar pukul 09.30 WIB pekan lalu.

Langsung disambut hangat oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka. “Kaya orang Polandia sekarang,” kata Jokowi saat menyambut kedatangan Egy di Istana Merdeka.

“Bapak Presiden betul-betul ingin lebih banyak lagi Egy-Egy baru yang nyusul Egy nanti ke luar negeri. Jangan hanya 1, 2, 3, 4, 5, 6, tapi lebih banyak lagi,” kata Imam Nahrawi usai mendampingi Egy Maulana Vikri bertemu dengan Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, pekan lalu.

Dengan bermain di luar negeri, menurut Menpora, bukan hanya agar pemain punya pengalaman, punya pengetahuan, dan punya kedisiplinan yang tinggi, tapi juga soal membawa nama baik bangsa bahwa Indonesia itu negara besar dengan talenta yang besar juga.

“Bapak presiden menekankan pendidikan, olahraga pendidikan itu harus menjadi nomor satu,” sambung Menpora seraya menambahkan bahwa Egy Maulana Vikri ini berasal dari SKO (Sekolah Khusus Olahragawan) Ragunan sehingga Presiden berharap sebisa mungkin SKO dan SSB nanti dimaksimalkan.

Presiden, lanjut Menpora, menekankan bagaimana klub-klub olahraga di tanah air harus punya juga akademi dan pelatih-pelatih yang baik.

Pemain 18 tahun ini mengaku merasa senang dan bangga bisa bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka. Ia juga mengaku mendapat support dari Presiden supaya terus belajar lebih baik lagi agar tetap tidak pernah besar kepala, harus selalu bersyukur.

“Ya harus terus belajar lagi, buat bangga Indonesia, agar orang tahu juga kalau kita bisa juga agar banyak pemain-pemain lain yang bisa menyusul saya nantinya,” katanya.

Terkait dengan klubnya di Polandia itu, Egy berjanji akan berusaha bisa main lebih bagus, lebih baik ke depannya, sehingga juga bisa buat Indonesia bangga. Ia juga berharap, kedatangannya di klub Lechia Gdansk akan menjadi pintu awal masuk supaya pemain-pemain lain bisa mengikuti jejak dirinya bermain di klub Eropa.

Mengenai posisinya sebagai pemain Tim Nasional Indonesia Usia 21 dan Usia 19, Egy menegaskan, dirinya wajib setiap saat untuk selalu siap membela Timnas meski sudah bermain di Polandia.

“Kan harus ya kalau namanya Timnas manggil ya enggak mungkin enggak mau pasti selalu bela. Karena orang bilang saya akan pindah negara, saya bakal 100% Indonesia,” ujar Egy. (sak)

Bagikan artikel ini