Lezatnya Kuliner Solo Saat Lebaran

Lezatnya Kuliner Solo Saat Lebaran

Kota Solo, tanah kelahiran Presiden Joko Widodo dikenal memiliki banyak kuliner lezat. Saking lezatnya, banyak tempat kuliner yang membuat wisatawan harus rela antri selama berjam-berjam.

Tidak ada yang bisa membantah, jika Solo itu Kota Kuliner! Kota ini kaya akan formasi makanan yang setengah mati susahnya kalau dicari di kota lain. Kalaupun ada, sensasi rasanya hambar, seperti ada setitik bumbu yang alpa. Seperti beda tangan, beda rasa, beda selera.

“Karena itu, mumpung mudik ke Solo, jangan sampai kehilangan momentum! Buru 10 kuliner paling khas di Kota Bengawan ini!” kata Menpar Arief Yahya.

Bagi Anda yang asli Solo, lalu pindah ke kota lain, sekalipun di Jakarta, memang sangat terasa ada degradasi rasa yang amat mengganggu ujung lidah.

Wajar, ketika mudik Lebaran, semua restoran dan warung makan ini diserbu orang-orang berlogat “lu-gue” dan berpelat mobil “B”. Apa yang mereka cari? Sampai rela antere lama? Berpanas-panas dan mandi peluh?

Tidak lain, karena rindu akan rasa khas masakan Solo. Itulah mengapa, kuliner dimasukkan dalam kategori karya budaya, cultural value, bersama shopping and fashion, heritage dan seni.

“Kuliner tradisional itu dibuat secara turun temurun. Komposisi bumbu, lama menanak, besaran api, alat masak, sampai derajad kematangan, itu diatur dengan rasa, tidak cukup dengan pikiran di otak kiri,” jelas Arief Yahya.

Traveler boleh penasaran, juga boleh tidak percaya. Langsung datang dan buktikan sendiri. Mulut bisa salah ucap, tapi lidah tak pernah bohong. Rasa tidak bisa ditipu, juga tidak pernah bisa menoleransi.

“Karena produk budaya, maka kekuatan Solo sebagai Kota Pariwisata adalah karya budayanya. Dan kuliner adalah salah satu produknya,” kata Mantan Dirut PT Telkom itu.

Silakan mencoba, bagi yang belum pernah dan silakan bernostalgia, bagi yang sudah familiar dengan. Berikut 10 warung makan yang wajib Anda kunjungi selama libur Lebaran di Solo. Selain juga kerap jadi langganan Prseiden Jokowi, warung makan ini mendapat respon bagus di situs wisata TripAdvisor.

1. Sate Buntel Mbok Galak
Sate buntel ini merupakan olahan daging kambing muda yang dicincang, lalu dililit pada sebilah bambu seperti sate lilit Bali. Dagingnya terasa empuk dan gurih, karena di bagian luarnya dibungkus lemak daging.

Rasanya yahud. Sate Buntel Bu Galak berada tak jauh dari kediaman masa kecil Presiden Jokowi, di Jalan Mangun Sarkoro Nomor 122.

2. Timlo Sastro
Timlo, sup khas Solo ini berisi irisan ati ampela ayam, irisan dadar gulung, irisan, bihun, telur pindang, dan suwiran ayam goreng.

Salah satu tempat untuk menikmati kelezatan hidangan ini terletak di Jalan Kapten Mulyadi Nomor 8, Sudiroprajan. Rumah makan ini merupakan kedai timlo yang terkenal dan pernah dikunjungi Presiden Jokowi lho.

3. Selat Solo Mbak Lies
Selat Solo merupakan makanan adaptasi dari budaya Barat, yakni salad. Hanya saja, rasanya disesuaikan dengan cita rasa tanah air. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica.

Kuliner khas Solo yang satu ini terletak di Jalan Yudhistira, Serengan, buka pukul 09.00 sampai 17.30 WIB.

4. Es Dawet Telasih Bu Darmi
Tersembunyi di dalam Pasar Gede Solo Hardjonagoro, hidangan penutup ini begitu segar diminum pada siang hari. Es dawet ini spesial, karena menggunakan biji telasih (selasih), dawet ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, cairan gula Jawa, dan santan dengan tambahan es batu.

Di Pasar Gede Solo, salah satu tempat yang legendaris dan terkenal, yakni Warung Es Dawet Bu Dermi.

5. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Tak akan lengkap rasanya kunjungan Anda ke Kota Keraton ini tanpa pernah mencicipi kuliner Solo paling khas, yaitu nasi liwet. Hidangan berupa nasi putih gurih dengan tambahan telur rebus, sayur labu, dan suwiran ayam ini adalah kuliner paling favorit masyarakat setempat.

Warung Nasi Liwet Wongso Lemu adalah salah satu penjual nasi liwet terenak yang harus Anda coba di Kota Solo. Selain rasanya yang begitu enak, warung ini ternyata telah dikelola secara turun-temurun sejak tahun 1950 silam.

Bu Wongso Lemu adalah sang pemilik warung nasi liwet yang berlokasi di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Solo ini. Kini, warung yang buka setiap hari mulai pukul 16.00 hingga 01.00 dini hari ini dikelola oleh Mbak Ati yang merupakan cucu dari Bu Wongso Lemu. Bermodal Rp10.000 hingga Rp17.000 saja, sepiring nasi liwet komplit siap menggoyang lidah Anda.

6. Serabi Solo Notokusuman

Kudapan yang satu ini adalah kuliner Solo yang paling dicari, terlebih oleh wisatawan. Tak seperti serabi pada umumnya, kelezatan Serabi Notosuman ini memang tak ada duanya. Paduan santan, susu, dan gulanya memberikan cita rasa manis yang begitu khas, terlebih jika disantap selagi hangat. Serabi Notosuman hadir dalam dua varian rasa, yaitu original dan cokelat.

Cara pembuatan serabi ini pun masih amat tradisional, dengan menggunakan tungku-tungku yang dipanaskan dengan api dari arang. Satu porsi serabi notosuman berisi 10 gulung, harganya mulai dari Rp20.000 tergantung dari varian rasa yang Anda pilih. Gerai serabi ini bisa Anda jumpai di Jl. Mohammad Yamin No.28.

7. Gudeg Ceker Bu Kasno
Lapar tengah malam? Tak perlu bingung, karena Anda bisa bertandang ke warung gedeg ceker milik Bu Kasno. Lokasinya ada di Jl. Monginsidi, Solo, tepatnya di bagian barat gedung SMA Negeri 1 Solo. Meskipun merupakan salah satu kuliner khas Jogja, warung gudeg yang telah ada sejak tahun 1970 silam ini tetap mampu menyihir lidah para pengunjung karena kelezatannya, lho.

Gudeg Ceker Bu Kasno
Warung Gudeg Ceker Bu Kasno buka setiap hari mulai pukul 01.00 hingga 04.00 dini hari. Cukup membayar seharga Rp22.000 saja, Anda sudah bisa mencicipi enaknya sepiring nasi gudeg lengkap dengan ceker, siraman kuah opor ayam, dan telur. Murah dan pastinya mengenyangkan!

8. Soto Gading
Soto ayam layak jadi pilihan sarapan pagimu saat berada di Solo. Dari sekian warung soto yang tersohor, Soto Gading merupakan soto yang paling hits di Solo. Lokasinya berada di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon. Atau tepatnya di sekitaran alun-alun selatan Keraton Solo bisa jadi pilihan tepat. Nasi dengan mie soon dan suwiran daging ayam yang disiram kuah bening kaya aroma rempah ini dijamin akan membuat pagi harimu lebih bersemangat.

Telur puyuh, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan, bakwan; berbagai lauk-pauk yang tersaji di meja menjadikan momen sarapan sotomu jadi lebih meriah. Warung Soto Gading sudah ramai pembeli sejak buka jam 6 pagi. Warung ini juga jadi langganan pejabat lho. Beberapa yang pernah mampir antara lain: Joko Widodo, Megawati, Agum Gumelar, dan Mari Elka Pangestu.

9. Warung Pecel Bu Kis
Sekilas Warung Pecel Bu Kis nampak seperti warung-warung pecel lainnya. Namun, warung pecel ini punya satu menu andalan yaitu sambel tumpang. Punya cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas. Sambal tumpang nikmat disantap dengan nasi hangat atau bubur beras yang ditambah bayam segar dan tauge. Paduan irisan tahu putih, tahu goreng, krecek, rempah-rempah dan ‘tempe busuk’ sebagai bumbu memang luar biasa sedap.

Warung Pecel Bu Kis buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Letaknya tepat di belakang Pengadilan Negeri Solo dan dekat dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

10. Sumber Bestik Pak Darmo
Makanan yang diadaptasi dari kuliner Belanda ini selalu bikin kangen. Olahan ‘biefstuk’ gaya Jawa ini melestarikan citarasa kolonial yang lezat

Bestik lidahnya disajikan lebih dulu, panas mengepul, berisi irisan lidah sapi rebus dengan genangan kuah kecokelatan encer. Ada sedikit jejak manis kecap manis, sedikit pala dan merica. Karena hanya ditumis maka bumbu tidak meresap ke dalam lidah sapi.

Lidah sapinya empuk lembut dengan rasa gurih. Ditambah dengan acar mentimun rasanya jadi manis, asam segar. Pas buat penghangat badan di malam hari.

Kalau mau mmapir ke warung Sumber Bestik Pak Darmo ini gampang sekali karena di Solo ada 5 cabang, yaitu Jl Dr Rajiman 209, Jl Honggowongso No 94 Serengan, Jl Sri Rejeki Dalam 7, Kompleks Stadion Sriwedari dan Jl Perintis Kemerdekaan. Sementara itu ada juga cabang di Sukoharjo, Semarang, Bandung, Jakarta hingga Denpasar, Bali.

Menpar Arief Yahya paham, masih ada 1001 macam jenis masakan Solo yang tidak masuk dalam 10 top kuliner ini. Tetapi, 10 rekomendasi ini layak Anda coba ketika menikmati liburan ke Solo. Selamat berlibur, Selamat berwisata kuliner! Salam #Genpi #PesonaIndonesia #PesonaKulinerLebaran2018 #10TopPesonaKulinerLebaranSolo. (ist)

Bagikan artikel ini