Liverpool-Surabaya Siap Kerja Sama 5 Bidang

Liverpool-Surabaya Siap Kerja Sama 5 Bidang

Pemkot Surabaya dan Pemerintah Kota Liverpool akan melakukan pengembangan kerja sama dalam lima bidang. Rencananya, penandatanganan nota kesepahaman alias Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama antara kedua kota, akan dilakukan tahun 2018.

Pembahasan pengembangan kerja sama dalam lima bidang antara kedua kota tersebut mengemuka saat Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menerima kunjungan delegasi Pemerintah Kota Liverpool yang dipimpin Wakil Wali Kota, Gary Millar di ruang kerja wali kota di Balai Kota Surabaya, Senin (27/11).

Dalam pertemuan tersebut, ikut hadir Sekkota Surabaya Hendro Gunawan, Asisten II Sekkota M Taswin, Kepala Bappeko Surabaya Agus Imam Sonhaji, Kepala Dinas Perdagangan Arini Pakistyaningsih, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Widodo Suryantoro dan Kepala Dinas Perhubungan Irfan Wahyudrajat.

Seusai pertemuan, Gary Millar menyampaikan bahwa ada lima poin kerjasama yang nantinya menjadi dikerjakan bersama antara kedua kota. Lima bidang tersebut yakni industri kreatif, olahraga, art (film dan musik), perdagangan dan pendidikan.

“Jadi kami akan berkonsentrasi untuk meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi kreatif, olahraga, art, perdagangan dan pendidikan. Ada lima poin utama yang masuk dalam letter of intent MoU kerja sama Surabaya dan Liverpool,” ujarnya.

Disampaikan Millar, meskipun Surabaya selama ini telah menjalin kerja sama sister city dengan beberapa kota, termasuk kota-kota di Inggris, tetapi Liverpool sangatlah berbeda.

“Liverpool adalah kota dengan sejarah yang bagus, orang yang ramah, industri yang bagus, dan universitas yang hebat. Dan kita akan bekerja sama dengan pemerintah kota Surabaya untuk mengembangkan hal tersebut. Terima kasih telah menjamu kami dengan sangat baik,” jelas Millar.

Sebagai contoh, Gary Millar mengatakan Liverpool siap membagikan pengalaman dalam mengelola industri kreatif yaitu musik. Pemerintah Liverpool memiliki wadah bagi para pemuda untuk mengembangkan bakat di bidang musik dan seni.

“Kami punya banyak musisi jalanan, yang kemudian menjadi musisi besar. Itu sebab kami punya iklim industri musik yang bagus,” ujarnya

Tri Rismaharini mengapresiasi positif kunjungan tersebut. Menurutnya, antara Surabaya dan Liverpool memiliki kesamaan. “Dia (Kota Liverpool) kan semangatnya sama dengan Surabaya. Di sana seimbang antara pendidikan, seni, musik dan olahraganya bagus. Itu yang ingin saya kembangkan di Surabaya. Kalau itu bisa terpenuhi, seluruh komponen masyarakat yang tertarik di bidang apapun akan bisa berkembang,” ujar walikota.

Terkait realisasi kerja sama di bidang olahraga dan art/musik, untuk program jangka pendek, wali kota menyebut tengah melakukan seleksi untuk anak-anak, U (under) 11 untuk bisa melakukan trial (latihan) sepak bola di Liverpool. Termasuk juga untuk seniman/pemusik di Surabaya.

“Saya berharap mereka punya visi bukan hanya bisa bermain musik, tetapi juga mengerti tentang manajemen, bagaimana kerja sama dengan pihak-pihak tertentu. Bagaimana me-manage dirinya,” harap wali kota. (ita)

Bagikan artikel ini